BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

2 Year Runner Up - Stand Pameran Terbaik HARJAKAPRO Ke- 272

2 Year Runner Up - Stand Pameran Terbaik  HARJAKAPRO Ke- 272

PROBOLINGGO - terletak di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari + 17.850 pulau, memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional.

Pemantauan kondisi alam dan aktivitas terhadap potensi bencana pada daerah-daerah yang memiliki risiko tinggi perlu dilakukan terus-menerus. Terutama yang memiliki risiko tinggi perlu dilakukan terus-menerus. Informasi terkait dengan bencana perlu dikumpulkan, diproses, dianalisis dan selanjutnya disusun laporannya. Oleh karena itu dibentuklah Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo.

Pada Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo Ke- 272 Tahun 2018 BPBD Kabupaten Probolinggo mengusung konsep tidak jauh dari tema tahun lalu namun terdapat sedikit penambahan yakni Aktivitas Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi), Pameran Miniatur EWS, Photobooth Panorama ditengah Laut menggunakan perahu BPBD dan beberapa peralatan serta perlengkapan yang digunakan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Sebagai Sektor Komando Penanggulangan Bencana, BPBD memperkenalkan Pusdalops PB yang bertugas melakukan pemantauan spasial dan aktivitas terhadap daerah  berpotensi bencana. Pusdalops PB mengelola data dan informasi dengan menghimpun, memproses, menganalisis hingga mempublikasi kepada masyarakat terkait kondisi wilayah yang berpotensi terjadi bencana. Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Pusdalops kepada masyarakat.

Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS PB) adalah unit fungsional pada BPBD yang didukung fasilitas sarana/prasarana dengan fungsi utamanya adalah menerima data/informasi, mencatat, mengolah/analisis dan mendistribusikan setelah diverifikasi sesuai presedur yang telah ditetapkan. Selanjutnya data/informasi yang telah diproses tersebut menjadi pendukung dalam pengambilan keputusan lebih lanjut bagi penanggungjawab penanggulangan bencana. Beroperasi pada tahap pra-bencana, saat krisis bencana, tahap tanggap darurat, tahap pasca bencana.

Dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari guna mencapai kinerja yang baik, masing-masing personil di Pusdalops PB Kabupaten Probolinggo bekerja sesuai dengan tugas yang diembannya. Apa dan harus berbuat apa akan diatur dalam sebuah prosedur kerja yang merupakan rumusan tugas mulai dari menerima, mengelola, menyimpan, melaporkan data dan informasi sampai pada menyerahkan tugas kepada operator yang akan melaksanakan tugas selanjutnya.

Selain memperkenalkan Pusdalops pada HARJAKAPRO tahun ini, BPBD menampilkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh BPBD dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana termasuk sistem peringatan dini seperti Simonrain (Sistem Informasi Hujan), EWS Banjir dan SMS Blaster Peringatan Dini serta Mondopad. Berbagai kegiatan BPBD ditayangkan melalui video singkat. Kemudian beberapa peralatan vertical rescue, helm SRC, Drone, GPS, Pelampung, Ringboy, Chainshaw dll tertata rapi pada dinding stand pameran. Ada juga miniatur EWS Tinggi Muka Air yang menampilkan aktivitas EWS dengan menerangkan tinggi muka air, suhu dan kelembapan.

Pada tahun ini Stand BPBD Kabupaten Probolinggo kembali meraih Runner Up, sebagai Juara Terbaik ke II bertahan selama dua tahun berturut turut. Adanya photobooth dengan panorama pemandangan di tengah laut menggunakan perahu milik BPBD beserta assesorisnya menarik pengunjung untuk datang. Selain pengunjung bisa berfoto dengan peralatan BPBD juga dapat membawa pulang makanan siap saji, kartu nama Pusdalops PB serta doorprice yang telah disediakan oleh BPBD.

Kegiatan HARJAKAPRO 272 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah sekaligus Ex oficio Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo. Ketika kegiatan pembukaan Sekretaris Daerah berkunjung ke Stand BPBD dan berfoto bersama dengan Kepala Pelaksana BPBD menggunakan photobooth yang telah disediakan pada stand.

“Selain berpartisipasi dalam kegiatan hari Jadi Kabupaten Probolinggo, diharapkan melalui event ini mampu mengenalkan BPBD kepada masyarakat. Kemudian melalui video yang ditayangkan masyarakat dapat mengetahui sikap mitigasi bencana dan melalui beberapa sistem peringatan dini diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi terutama ketika terpantau kondisi berpotensi bencana” Ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo