BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

AKTIVITAS BROMO MENINGKAT DIHIMBAU MASYARAKAT TETAP TENANG DAN WASPADA. REKOMENDASI PVMBG RADIUS AMA

AKTIVITAS BROMO MENINGKAT DIHIMBAU MASYARAKAT TETAP TENANG DAN WASPADA. REKOMENDASI PVMBG RADIUS AMA

PROBOLINGGO – Berdasarkan hasil pemantauan Pos Pengamat Gunung Api Bromo terpantau dalam sepekan terakhir Aktivitas Bromo mengalami peningkatan. Beberapa kali mengalami letusan dan tremor dominan biasanya 1 mm kini meningkat 2 hingga 3 mm. Tinggi asap berkisar 50 hingga 2000 meter dan berwarna coklat kelabu hingga hitam pekat. Tercium bau belerang ringan hingga kuat dan terdengar suara gemuruh di sekitar Pos PGA. Selain itu sejak tanggal 17 Maret 2019 terpantau hujan abu yang hingga hari ini Jumat 22 Maret 2019 hujan abu meluas di beberapa desa terdekat dengan Gunung Bromo. Sejak hari Senin, 18 Maret 2019 hujan abu mengarah ke arah utara dan barat laut yang berdampak di beberapa desa di Kecamatan Sukapura seperti Desa Ngadisari, Ngadas, Jetak, Ngadirejo dan Wonokerto. Namun pada Rabu, 20 Maret 2019 hingga hari ini arah abu vulkanik ke timur dan timur laut sehingga berdampak pada beberapa desa di Kecamatan Sumber seperti Wonokerso, Ledokombo, Sumberanom, Gemito dan Pandansari.

Sejak aktivitas Gunung Bromo mengalami peningkatan BPBD melaksanakan koordinasi rutin dengan PPGA Bromo, TNBTS dan Pemerintah Kecamatan maupun Desa terdekat dengan Bromo. Selain itu sesuai dengan rekomendasi PVMBG terkait dengan radius aman 1 Km dari Kawah sehingga baik masyarakat maupun pengunjung tidak dianjurkan untuk beraktivitas pada daerah tersebut, BPBD telah mendistribusikan 2 unit tenda ke TNBTS untuk dijadikan sebagai Pos Pengamanan sebagai antisipasi agar tidak ada aktivitas di radius 1 Km dari kawah Bromo. Pada Selasa, 19 Maret 2019 sebanyak 12.000 masker telah didistribusikan kepada Camat Sukapura untuk dapat dimanfaatkan sebagai masyarakat sekitar sebagai alat pelindung diri ketika hujan abu. Pada hari Rabu telah didistribusikan sebanyak 12.000 masker dan hari Kamis sebanyak 16.000 masker serta 5 buah terpal kepada Komunitas Kobar Bromo Wilayah Sumber untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat. Selain itu BPBD pada hari Rabu dan Kamis membantu Pos PGA untuk memasang CCTV untuk memantau visual Gunung Bromo yang kini bisa diakses melalui Website PVMBG.

Kepala Pelaksana BPBD, Ir Anggit Hermanuadi berpesan akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Bromo dan berkoordinasi rutin dengan pihak pihak terkait seperti TNBTS, PPGA Bromo dan OPD terkait. Terkait peningkatan aktivitas Gunung Bromo dihimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan memperhatikan perkembangan informasi dari pihak pihak yang berkompeten seperti PVMBG, BB TNBTS dan BPBD. Hingga saat ini Status Gunung Bromo Waspada (Level II) dan masih terbuka bagi pengunjung/ wisatawan sesuai rekomendasi PVMBG radius aman 1 Km dari Kawah Bromo. Kemudian bagi masyarakat sekitar dihimbau untuk menggunakan alat pelingdung diri (masker/ topi/ kaca mata) apabila terpantau hujan abu ketika beraktivitas diluar rumah. (vd/pb)

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo