BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Apel Kesiapsiagaan Relawan PB Dan Komunitas Adventure 4 X 4

Apel Kesiapsiagaan Relawan PB dan Komunitas Adventure 4 x 4

PROBOLINGGO – Dalam pelaksanaan penyelenggaraan penanggulangan bencana dibutuhkan peranan berbagai pihak mulai dari Pemerintah, Masyarakat dan Komunitas, Lembaga Usaha, Akademisi dan Media. Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD melaksanakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan Relawan PB dan Komunitas Adventure 4 x 4. Kegiatan tersebut dikemas dalam dua hari yakni pada Sabtu, 19 Oktober 2019 malam telah dilaksanakan sarasehan terkait potensi dan penanganan bencana di Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut berlangsung dengan santai, sambil berdiskusi ringan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan menyampaikan potensi bencana dan peranan komunitas ketika terjadi bencana.

Keesokan paginya Minggu, 20 Oktober 2019 dilanjutkan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan PB dan Komunitas 4 x 4. Apel diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri atas Relawan PB yang berasal dari 10 desa di Kecamatan Lumbang dan 4 Kelompok Komunitas Adventure 4 x 4. Inspektur Apel oleh Ir Anggit Hermanuadi, selaku Kepala Pelaksana dan Amat Sulaksono, Kasi Pencegahan pada Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan selaku Pemimpin Apel.

“Adanya kegiatan seperti ini diharapkan mampu menjadi momentum untuk saling bertukar ilmu terkait peranan komunitas dan relawan ketika terjadi bencana sehingga sinergisitas penyelenggaraan penanggulangan bencana dapat berjalan dengan lebih baik” Ujar Anggit dalam penyampaian amanat Pembina Apel.

Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan mampu membentuk ikatan persaudaraan yang lebih erat, mampu memupuk persatuan dan kekompakan para relawan dan komunitas sehingga kerja sama yang baik dalam penanganan penanggulangan bencana dapat terbentuk, imbuhnya. Selesai kegiatan Apel dilanjutkan dengan Simulasi Distribusi Logistik ketika terjadi bencana oleh Komunitas Adventure 4 x 4.

Dalam kegiatan silmulasi digambarkan terkait proses distribusi logistik bagi masyarakat terdampak yang berada pada daerah terisolasi. Seperti yang diketahui bersama bahwa morfologi Kabupaten Probolinggo relatif beragam wilayah utara memiliki morfologi yang datar sedangkan bagian selatan cenderung memiliki morfologi yang curam dan terjal bahkan beberapa berada pada daerah yang agak sulit terjangkau oleh kendaraan roda 4.  

Kegiatan ini bukan yang pertama karena hampir disetiap tahun selalu dilaksanakan dengan harapan mampu menjadi wadah bagi para relawan dan komunitas agar memahami fungsi dan peran dalam penyelenggaraan bencana. Pada Tahun 2015 Apel Kesiapsiagaan Relawan dilaksanakan dengan melibatkan OPD dan Komunitas (Pramuka, Tagana, ORARI, RAPI, PMI dll), Tahun 2016 selain OPD dan Komunitas sekitar 200 Santri mengikuti kegiatan tersebut dan pada Tahun 2017 sekitar 1000 Srikandi PB dilibatkan dalam kegiatan Apel Kesiapsiagaan.

“Tahun ini difokuskan pada Komunitas Adventure 4 x 4 yang dilibatkan dalam Apel Kesiapsiagaan, dengan latarbelakang dan tujuan ketika beberapa daerah terdampak kejadian bencana terdapat di lokasi yang terisolasi diharapkan mereka dapat membantu terutama terkait pendistribusian logistik” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan.  (vd/pb)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo