BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan

PROBOLINGGO – 18 Agustus 2017 Polres Kota Probolinggo mengadakan Kegiatan Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan. Seperti telah diketahui bersama bahwa sejak Bulan Mei 2017 menurut Pers Release Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memasuki musim kemarau. Tidak sedikit catatan kejadian bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Probolinggo terutama di musim kemarau.

Apel Siaga dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan masyarakat dan aparat dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran Kota dan Kabupaten Probolinggo, PMI, serta BPBD Kota dan Kabupaten Probolinggo menjadi peseta apel siaga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kawasan hutan rawan kebakaran lahan di Kecamatan Wonomerto. Setelah paparan terkait Kebakaran hutan dan lahan serta penanggulangannya dilaksanakan simulasi kebakaran hutan dan lahan yang meibatkan berbagai pihak.

“ Simulasi ini menjadi penting agar setiap pihak baik masyarakat sekitar maupun aparat mengerti dan memahami sikap dan langkah yang harus diambil ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan” Ujar Kapolres Kota Probolinggo.

Simulasi dimulai dengan kondisi lahan terbakar dalam skala kecil yakni masyarakat akan diberikan arahan terkait memadamkan api menggunakan alat sederhana berbentuk seperti sapu (kain/ keset yang diberi tongkat pegangan) dengan memukulkannya ke api hingga padam sambi menghubungi Pemadam Kebakaran. 

Skenario selanjutnya yakni ketika kondisi kebakaran hutan cukup luas dan besar simulasi diperankan langsung oleh pemadam kebakaran, BPBD dan TNI/POLRI bersama dengan PMI yakni ketika memberikan pertolongan pertama terhadap korban kebakaran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan runtutan skenario yang telah dibuat oleh POLRI sehingga diharapkan dengan adanya apel siaga ini meningkatkan kesiapan menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan. Serta memberikan gambaran bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak bersikap/ membuang putung roko/ membakar sampah ditempat yang berpotensi kebakaran.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo