BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan

Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

PROBOLINGGO – Kebakaran Hutan dan Lahan kini bukan menjadi suatu permasalahan yang cukup jarang dialami, seperti di Kabupaten Probolinggo sesuai selama tiga tahun berturut turut kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan terjadi disetiap tahun ketika musim kemarau panjang. Seperti yang terjadi di Savana Gunung Bromo, pada Tahun 2016 sekitar +/- 480 Ha lahan terbakar, Tahun 2017 88 Ha terbakar dan Tahun 2018 sekitar 650 Ha lahan terbakar. Selain di Savana Bromo, kejadian Karhutla juga sering terjadi dibeberapa daerah yang berpotensi kering ketika musim kemarau seperti di Paiton, Kotaanyar, Wonomerto, Gending, Lereng Gunung Argopuro dll.

Kamis, 25 Juli 2019 Perum Perhutani KPH Probolinggo melaksanakan Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Petak 25a RPH Klenang BKPH Probolinggo Desa Leprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Kegiatan apel dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh beberapa unsur dari Perum Perhutani, KRPH, ASPER, Satgas Dalkarhutla, TNI, POLRI, BPBD dan LMDH.

Dalam apel tersebut Inspektur Apel, Bpk Imam Suyuti selaku Administratur KPH Probolinggo  berpesan, “Bahwa dalam Pengendalian Karhutla agar menyamakan tekad dan semangat dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran.” Ujarnya. “Karhutla sangat mengganggu kehidupan dan merusak habitat. Kerugian yang dialami juga cukup besar Tahun 2017 sekitar 200 Ha, Tahun 2018 sekitar 100 Ha, dan di awal Tahun 2019 sekitar 8 Ha. Sosialisasi bahaya Karhutla harus selalu ditingkatkan dengan harapan sinergi penanganan Karhutla.” Imbuhnya.

Setelah kegiatan apel selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi sederhana Karhutla. Simulasi ini dilaksanakan dengan harapan apabila terjadi Karhutla pihak pihak terkait dan masyarakat dapat mengetahui upaya yang dapat di lakukan sehingga mampu meminimalisir dampak kejadian Karhutla.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo