BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Waspada Angin Kencang di Awal Musim Kemarau, Gunakan Air Secukupnya. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

April 2019, Terpantau Tujuh Kejadian Di Kabupaten Probolinggo

April 2019, Terpantau Tujuh Kejadian di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO – Pada Bulan Maret lalu tercatat sebanyak 7 kejadian di Kabupaten Probolinggo yang didominasi oleh Kejadian Angin Kencang, berbeda dengan hal itu pada Bulan April 2019 tercatat 7 kejadian di Kabupaten Probolinggo yang meliputi 5 kejadian tanah longsor, 1 kejadian angin kencang dan 1 kejadian kebakaran rumah. Kejadian tanah longsor terdapat pada daerah dataran tinggi di Kabupaten Probolinggo yakni di Kecamatan Tiris, Kecamatan Sumber, Kecamatan Sukapura dan 2 kali kejadian di Kecamatan Lumbang. Sedangkan angin kencang sempat terjadi di Kecamatan Pakuniran. Kemudian kebakaran rumah terjadi di Kecamatan Kotaanyar.

Sesuai dengan prakiraan musim kemarau BMKG bahwa pada Bulan April memasuki awal musim kemarau, namun demikian tidak dalam satu kurun waktu sekaligus akan terjadi kemarau. Tentunya beberapa daerah masih terjadi hujan terutama untuk daerah daerah dataran tinggi dan pegunungan yang dipengaruhi oleh iklim mikro. Beberapa dampak kejadian pada Bulan April mayoritas menghambat aktivitas masyarakat, rusaknya infrastruktur dan lingkungan serta tidak ada korban dalam seluruh kejadian pada bulan ini. Aktivitas masyarakat tehambat terutama pada daerah titik longsor yang berada di Jalan utama yang tertutup material longsor sehingga menghambat lalu lintas.

Diantara ketujuh kejadian tersebut TRC PB telah melaksanakan assessment, beberapa yang membutuhkan bantuan darurat seperti terpal telah didistribusikan pada daerah terdampak. BPBD juga telah memasang papan peringatan dan yellow line pada jalan jalan yang berpotensi longsor dan untuk sementara waktu tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermuatan berat. Sedangkan dampak tanah longsor BPBD akan melaksanakan koordinasi bersama OPD terkait seperti DLH dan PUPR maupun PU Perkim untuk menentukan upaya tindak lanjut baik terkait upaya penghijauan pada daerah berlereng terjal maupun perbaikan plengsengan jalan yang terdampak longsor serta terkait drainase pada daerah daerah terjal yang belum terdapat drainase dengan baik.

Selain informasi sebaran kejadian, sebelumnya pada Bulan Maret aktivitas tremor Gunung Bromo mengalami peningkatan dan fluktuatif saat ini aktivitas Gunung Bromo mengalami penurunan dalam status yang sama yakni Status Waspada Level II dengan rekomendasi PVMBG radius aman 1 Km dari Kawah Bromo. Tinggi asap tertinggi mencapa 1200 meter dari puncak kawah, 12 kali mengalami gempa letusan, 1 kali gempa hembusan dan 12 kali gempa dalam. Sedangkan informasi gelombang laut di perairan Probolinggo pada bulan ini rata rata 0,25 hingga 0,62 meter dengan rata rata kecepatan angin 22 Knot atau 45 Km/ Jam. Terpantau tidak ada titik panas dalam bulan ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik menghimbau untuk tetap waspada dan berhati hati meski diprakirakan akan memasuki musim kemarau namun kondisi cuaca saat ini tidak bisa diprediksi dengan pasti. Beberapa hari terakhir BMKG masih merelease peringatan dini terkait cuaca buruk yang berpotensi terjadi hujan disertai angin kencang pada siang, sore atau malam hari. Kemudian tidak lupa pula bagi daerah daerah yang berisiko terjadi krisis air bersih untuk menggunakan air sebaik mungkin dan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Salam Tangguh Bencana!

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo