BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Waspada Angin Kencang di Awal Musim Kemarau, Gunakan Air Secukupnya. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

Bintek Pusdalops PB Se- Jawa Timur

Bintek Pusdalops PB Se- Jawa Timur

BATU – Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) yang diikuti oleh seluruh Kepala Pelaksana, Manajer dan Perwakilan Operator Pusdalops PB. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari pada Rabu hingga Jumat, 07 – 09 Agustus 2019 di Three Eight Front One Hotel Boutique Batu, Jl Hasanuddin No.1, Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu.

“dalam pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu menjadi flashback dan penyegaran bagi rekan rekan Pusdalops dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan penyelenggaraan penanggulangan bencana didaerah masing masing” ujar Satrio, Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Timur.

Berbagai kegiatan dan pengetahuan terkait ke Pusdalops-an dibahas dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah pengetahuan tentang data dan informasi yang disampaikan oleh supervisor Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Timur, Dino Andalanto. Kemudian tentang pemanfaatan Aplikasi DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia) dan INDRA (Indonesia Disaster Rapid Assessment) dalam penghimpunan dan inventarisasi data kebencanaan yang disampaikan oleh Bpk Hermawan selaku Kepala Bidang Data Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BNPB.

Selain itu disampaikan pula materi terkait bagaimana membaca, mengolah dan melanjutkan informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang berasal dari BMKG seperti pengetahuan seputan cuaca, iklim, gelombang tinggi dan beberapa materi seputar meteorologi, klimatologi dan geofisika yang berkaitan dengan potensi bencana. Materi ini disampaikan secara langsung oleh Kepala Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Klas I Juanda Surabaya yang ditemani langsung oleh Prakirawan BMKG.

Kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat bagi seluruh personil Pusdalops PB, selain sebagai wadah menimba ilmu melalui kegiatan seperti ini juga dapat menampung sharing antar rekan Pusdalops dan pengalaman dalam penyelenggaraan penanggulangan  bencana di daerah masing masing yang tentunya memiliki potensi dan ancaman yang beragam dan tidak selalu sama antar daerah di Jawa Timur. (vd)

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo