BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

BMKG Release Suhu Dingin Dan Angin Kencang Pada Musim Kemarau

BMKG Release Suhu Dingin dan Angin Kencang Pada Musim Kemarau

PROBOLINGGO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya pada Jumat, 21 Juni 2019 Nomor : KT.304/846/KSUB/VI/2019 tentang peringatan dini suhu dingin dan angin kencang pada musim kemarau. Dalam releasenya BMKG juga menyampaikan bahwa pada saat ini sebagian besar wilayah Jawa Timur telah memasuki musim kemarau. Ketika musim kemarau, berhembur angin muson timur – tenggara yang membawa masa udara dari Benua Australia yang bersifat dingin dan kering.  Suhu dingin pada musim kemarau terjadi karena saat musim kemarau langit cerah dan tidak tertutup awan. Radiasi yang dipancarkan oleh bumi akan dipancarkan kembali ke luar angkasa pada malam harinya. Karena tidak adanya tutupan awan, maka energi tersebut akan diteruskan besar-besaran ke luar angkasa yang mengakibatkan suhu di bumi menjadi dingin. BMKG menambahkan bahwa kondisi ini normal ketika musim kemarau.

Berdasarkan informasi memang dalam beberapa hari terakhir masyarakat mengeluhkan tentang suhu dingin meski kini telah memasuki musim kemarau. Bahkan menurut seorang wisatawan, ketika pagi hari terdapat fenomena embun es/ bun upas di Gunung Bromo (Sumber : wartabromo.com). Fenomena ini bukanlah sesuatu yang baru mengingat selama dua tahun terakhir fenomena seperti ini telah terjadi di wilayah Bromo dan sekitarnya. Dalam wawancara bersama media online Kepala Pelaksana BPBD, Anggit Hermanuadi berpesan bagi masyarakat/ wisatawan di daerah Bromo dan sekitarnya untuk menggunakan pakaian yang tebal agar tidak kedinginan.

Selain itu BMKG juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemantauan perlu adanya peningkatan kewaspadaan angin kencang di wilayah Jawa Timur akibat adanya tekanan rendah di Samudera Pasifik bagian barat dan tekanan tinggi di Benua Australia. Seiring dengan hal tersebut, BMKG juga menyampaikan perlu diwaspadai pula peningkatan gelombang laut di perairan Jawa Timur. Pada musim kemarau juga terdapat angin yang berhembus kencang dan bersifat lokal di wilayah Pasuruan dan Probolinggo yang biasa disebut dengan angin gending. BMKG juga menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kesehatan akibat dari perbedaan suhu pada siang dan malam hari. Bagi masyarakat pesisir serta para pengguna transportasi laut harap mewaspadai  adanya potensi gelombang tinggi.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo