BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

BPBD Bersama Desa Pajurangan Melaksanakan Kerja Bakti Antisipasi Awal Musim Hujan

BPBD Bersama Desa Pajurangan Melaksanakan Kerja Bakti Antisipasi Awal Musim Hujan

PROBOLINGGO – Jumat 23 November 2018 BPBD melaksanakan kerja bakti dipesisir sungai Desa Pajurangan Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Menurut BMKG November merupakan awal musim penghujan di Wilayah Jawa Timur termasuk Probolinggo. Walaupun beberapa daerah hingga saat ini telah diguyur hujan namun sebagian daerah di Kabupaten Probolinggo masih mengalami kemarau panjang.

Kondisi yang demikian dimanfaatkan oleh Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD sebagai waktu yang tepat melaksanakan kerja bakti bersama warga di sungai Desa Pajurangan. Selama ini tercatat Desa Pajurangan beberapa kali terjadi banjir genangan yang disebabkan oleh luapan debit sungai dampak hujan lebat di hulu sungai. Kerja bakti dilaksanakan bersama Pemerintah Desa Pajurangan, Koramil Kecamatan Gending, Polsek Gending dan masyarakat setempat.     

Sepanjang 500 meter menyisir tepi sungai dan melaksanakan pembersihan dengan dibagi 3 tim yakni tim bagian timur, bagian barat dan tim di aliran sungai. Menggunakan chainshaw dengan moda Perahu agar lebih mudah dalam melaksanakan pembersihan.

“Sebelumnya BPBD telah melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana Banjir yang salah satu pesertanya adalah Pemerintah Kecamatan Gending, selanjutnya kegiatan ini merupakan upaya pencegahan dampak banjir antisipasi derasnya debit air ketika terjadi hujan lebat di hulu sungai. Semoga dengan upaya ini dapat diterapkan pula pada beberapa daerah yang berpotensi bencana hidrometeorologi terutama ketika musim hujan” Pesan Kepala Pelaksana BPBD, Ir Anung Widiarto, MM. setelah acara kerja bakti selesai kepada masyarakat yang turut serta. 

 

 

Pudalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo.