BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

BPBD Ikuti Apel Siaga Karhutla Di Kawasan Gunung Bromo

BPBD Ikuti Apel Siaga Karhutla di Kawasan Gunung Bromo

PROBOLINGGO – Kamis, 14 Agustus 2019 bertepatan dengan hari Pramuka, BPBD mengikuti kegiatan Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Blok Watugede Jemplang, Kawasan Lautan Pasir Bromo. Kegiatan ini dilaksanakan pada Pukul 09.00 WIB yang diikuti oleh Personil TNBTS, TNI, POLRI, Masyarakat Peduli Api (MPA), Polisi Hutan (Polhut) dan BPBD lintas wilayah yang berbatasan langsung dengan Gunung Bromo seperti Probolinggo, Lumajang, Malang dan Pasuruan.

Satu tahun silam sekitar tanggal 1-3 September 2018 telah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan yang membakar lahan seluas kurang lebih 650 Ha di wilayah ini. Luasan dampak yang sangat luas dibandingkan pada tahun tahun sebelumnya. Kejadian kebakaran di Kawasan Gunung Bromo terjadi berulang disetiap tahun sejak tahun 2014 silam. Sehingga menurut TNBTS dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi moment kesiagaan masing masing pihak terkait ketika terjadi Karhutla khususnya di wilayah TNBTS.

Sebelumnya pada Kamis, 25 Juli 2019 BPBD juga mengikuti kegiatan Apel Siaga Pengendalian Karhutla yang diadakan oleh Perhutani di Petak 25a RPH Klenang BKPH Probolinggo. Kejadian Karhutla bukan merupakan kejadian yang baru terjadi di Probolinggo. Dalam beberapa tahun terakhir ketika musim kemarau seringkali terjadi Karhutla di Probolinggo yang dilatarbelakangi oleh faktor yang relative beragam, selain faktor alam juga faktor sosial.

Berdasarkan instruksi Presiden No 11 Tahun 2015 Tentang Peningkatan Pengendalian Karhutla, BNPB/BPBD memiliki peran dalam pengendalian Karhutla diantaranya adalah mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengurangan risiko dan kesiapsiagaan bencana Karhutla, memberikan dukungan dan pendampingan operasi pemadaman Karhutla dan melaksanakan fungsi komando pengerahan sumber daya dalam penanganan Karhutla.  Sehingga melalui kegiatan kegiatan seperti ini diharapkan mampu menjadi pupuk sinergisitas terutama dalam kegiatan pengendalian Karhutla. (vd)

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo