BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

BPBD Laksanakan Pemangkasan Pohon Rawan Tumbang Antisipasi Angin Kencang

BPBD Laksanakan Pemangkasan Pohon Rawan Tumbang  Antisipasi Angin Kencang

PROBOLINGGO – Menindaklanjuti kegiatan Rapat Koordinasi pada Rabu 18 Juli 2018 terkait awal musim kemarau Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD mengevaluasi pada awal memasuki musim kemarau biasanya selain beberapa daerah berpotensi mengalami Kekeringan juga banyaknya laporan kejadian pohon tumbang dan angin kencang yang terjadi di Kabupaten Probolinggo. Sebelum pemangkasan pohon rawan tumbang BPBD bersama Pengawas Jalan Wilayah VIII, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri melaksanakan survey di Jalan Utama Kabupaten Probolinggo.

Berdasarkan hasil dari survey yang dibagi menjadi 3 bagian yakni wilayah barat dari Kecamatan Tongas hingga Sumberasih, wilayah selatan dari Kecamatan Tegalsiwalan hingga Leces dan wilayah timur dari Kecamatan Dringu hingga Paiton. Berikut rincian jumlah pohon rawan tumbang,

Lokasi

Jumlah Pohon

Wilayah Timur

18

Wilayah Selatan

15

Wilayah Barat

19

Pemangkasan pohon dilaksanakan selama 4 hari yakni dimulai pada tanggal 24-25 Juli 2018 pemangksan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Probolinggo bagian Timur. 26 Juli 2018 dilaksanakan pemangkasan pohon di wilayah Kabupaten Probolinggo bagian Barat dan pada 31 Juli 2018 dilaksanakan pemangkasan pohon di wilayah Kabupaten Probolinggo bagian Selatan.

“Pemangkasan hanya dilakukan pada pohon pohon yang rantingnya melebihi bahu jalan pada ketinggian tertentu. Namun beberapa pohon yang sudah tua dan mongering di pangkas habis hingga ke akar. Kegiatan pemangkasan pohon ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai antisipasi pohon tumbang dampak angina kencang baik di musim kemarau maupun dimusim penghujan.” Ujar Tri Priyo MD. Kasi pencegahan BPBD Kabupaten Probolinggo.

Sejak dilaksanakan kegiatan rutin pemangkasan pohon rawan tumbang sejak tahun 2016, tercatat pada laporan Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo jumlah kejadian pohon tumbang dampak angin kencang saat ini memang berkurang lebih sedikit dari pada sebelumnya. Kegiatan pemangkasan dilaksanakan menggunakan crine milik Dinas Perhubungan dan truk Dinas Lingkungan Hidup serta pengamanan dilaksanakan dengan bantuan Polri dan TNI.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo