BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

BPBD Mulai Inisiasi Edukasi Bencana Berbasis Sekolah

BPBD Mulai Inisiasi Edukasi Bencana Berbasis Sekolah

SUKAPURA – Sesuai dengan Instruksi Presiden RI, Joko Widodo ketika Rapat Koordinasi Nasional BNPB pada Februari 2019 di Surabaya disampaikan bahwa Edukasi Penanggulangan Bencana harus dimulai dari tahun ini kepada sekolah melalui guru dan kepada masyarakat melalui pemuka agama. Pada tahun ini beberapa sekolah di Kabupaten Probolinggo telah melibatkan BPBD dalam Kegiatan Edukasi Bencana yang disampaikan ketika Masa Pengenalan Siswa Baru seperti di SMAN 1 Tongas, SMPN 1 Dringu, SMAN 1 Kraksaan dan SMKN 2 Gending pada awal Tahun Ajaran Baru 2019/2020.

Tahun ini Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana di beberapa sekolah yang dimulai sejak 22 Oktober hingga 14 November 2019. Rencana kegiatan akan dilaksanakan di 10 Sekolah yang terdapat di Daerah Rawan Bencana di Kabupaten Probolinggo yakni,

  1. SMPN 2 Lumbang
  2. SMPN 1 Sukapura
  3. SMPN 1 Sumber
  4. SDN Sumberkerang
  5. SDN 1 Patokan
  6. SLB Kraksaan
  7. SMPN 1 Tiris
  8. SMPN 1 Krucil
  9. SMPN Pakuniran
  10. SMPN Bago

 

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan kegiatan ini selain melaksanakan Instruksi Presiden juga memang pengenalan penanggulangan bencana di lingkungan sekolah sangat penting selain siswa dan pengajar dapat belajar tentang penaggulangan bencana juga dapat memahami apa yang harus dilakukan ketika teradi bencana pada saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.

“Seperti yang kita ketahui juga bahwa Potensi Bencana di Kabupaten Probolinggo relatif kompleks yakni dari 10 potensi bencana alam di Indonesia, sembilan diantaranya dapat terjadi di Probolinggo yaitu Letusan Gunung Api, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Banjir, Banjir Bandang, Gelombang Tinggi dan Abrasi, Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang, Kekeringan, serta Kebakaran Hutan dan Lahan.” Imbuhnya.  

Materi yang akan disampaikan pada kegiatan ini adalah tentang Potensi Bencana di Kabupaten Probolinggo khususnya yang berada pada lingkungan sekolah tersebut. Kemudian akan dilanjutkan dengan materi tentang mitigasi bencana yakni tentang apa upaya upaya yang dapat dilakukan sebelum, ketika dan pasca bencana di lingungan sekolah. Kemudian akan dilanjutkan dengan simulasi sederhana sehingga siswa dan pengajar dapat berlatih terkait apa yang dilakukan ketika terjadi bencana di sekolah selain itu Budaya Sadar Bencana di Lingkungan sekolah dapat terpupuk sejak dini. (vd/pb)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo