BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Cuaca Fluktuatif Selalu Waspada dan Berhati Hati. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

BPBD Rutin Adakan Pertemuan Bersama Relawan

BPBD Rutin Adakan Pertemuan Bersama Relawan

Relawan Penanggulangan Bencana merupakan seorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara sukarela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana (Sumber : Peraturan Kepala BNPB No 17 Tahun 2011 Tentang Pedoman Relawan Penanggulangan Bencana). Dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana tidak terlepas dari peran 3 pihak yakni  pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Dengan adanya Relawan yang berlatarbelakang dari masyarakat tentu akan mempermudah dan mengoptimalkan penyelenggaraan penanggulangan bencana.

 

Wilayah Kabupaten Probolinggo yang memiliki luas wilayah lebih dari seratus ribu hektar, terdiri atas 24 kecamatan, 352 desa dan 5 kelurahan. Kabupaten Probolinggo memiliki kurang lebih 9 (sembilan) ancaman potensi bencana yang tersebar di berbagai wilayah. Dengan morfologi yang tidak merata tentu akan sangat sulit dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana disini. Melihat kondisi tersebut penyelenggaraan penanggulangan bencana yang optimal akan sulit tercapai tanpa adanya kepedulian dan bantuan dari Relawan Penanggulangan Bencana.

 

Saat ini terdapat ratusan Relawan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Probolinggo yang tersebar di seluruh Wilayah Kabupaten Probolinggo dibawah naungan BPBD. Sesuai dengan Perka BNPB No 17 Tahun 2011 beberapa hak Relawan diantaranya adalah Mendapatkan Pengakuan dan Tanda Pengenal, Memperoleh Peningkatan Kapasitas dan Mendapatkan Perlindungan Hukum dari Lembaga yang menaunginya. Hal ini menjadi latar belakang bagi BPBD untuk menghimpun dan membentuk ruang bagi Relawan Penanggulangan Bencana.

 

Hingga saat ini usia BPBD Kabupaten Probolinggo masih terbilang dini yakni terbentuk pada 2011 silam. Sejak saat itu BPBD mulai melaksanakan tugas dengan melibatkan Relawan. Sejak Tahun 2015 kegiatan bersama Relawan Penanggulangan Bencana rutin dilaksanakan. Setiap tahun tedapat kegiatan yang melibatkan Relawan tak hanya ketika terjadi bencana saja namun dalam kondisi normal pun tetap diusahakan untuk membuat ruang kegiatan bagi Relawan. Misalnya seperti Gelar Relawan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kegiatan aktivasi Relawan yang dihadiri oleh seluruh Penyelenggara Penanggulangan Bencana di Kabupaten Probolinggo. Dalam kegiatan tersebut selain dilaksanakan Apel Gelar Pasukan, juga dilaksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana dengan seluruh peralatan dan perlengkapan ketika terjadi bencana.

 

Selain Gelar Relawan, BPBD mengadakan diskusi ringan dan sarasehan bersama Relawan terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo seperti pada tanggal 18 Februari 2019 BPBD mengadakan kegiatan pertemuan bersama Relawan. Kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan dengan nuansa nonformal agar terasa lebih santai dan nyaman. Kegiatan ini dilaksanakan bukan yang pertama. Sebelumnya telah dilaksanakan pertemuan bersama Relawan setidaknya dalam 6 (enam) bulan sekali. Dalam kegiatan tersebut juga menjadi ruang bagi Relawan untuk mencurahkan segala kesulitan, hambatan dan berbagi pengalaman sehingga kedepan diharapkan sinergisitas penanggulangan bencana khususnya di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan lebih optimal terutama dalam mendukung Visi Misi BPBD “ Menuju Probolinggo Tangguh Bencana”.

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo