BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Bromo Fluktuatif, Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km Dari Kawah

Bromo Fluktuatif, Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah

PROBOLINGGO – Menanggapi beberapa pemberitaan terkait peningkatan aktvitas Gunung Bromo pada Jumat, 19 Juli 2019, sesuai dengan informasi Pos Pengamat Gunung Api Bromo telah terjadi erupsi G. Bromo, Jawa Timur pada pukul 16:37 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati saat itu karena kondisi cuaca yang berkabut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi ± 7 menit 14 detik. “Saat ini Gunung Bromo masih berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar G. Bromo dan pengujung/ wisatawan/ pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif G. Bromo.” begitulah sekilas hasil koordinasi bersama Kepala Pos PGA.

Disampaikan pula saat itu hujan sempat terjadi di sekitar kawah Bromo sebelah selatan hingga menyebabkan air limpasan yang membawa material vulkanik atau biasa disebut lahar dingin di laut pasir. Kejadian ini bukan yang pertama terjadi, setiap terjadi hujan di hulu biasanya memang akan membawa material vulkanik mengalir ke arah yang lebih rendah. Namun demikian kondisi ini akan berlangsung dengan cepat bergantung pada curah hujan yang terjadi. Begitulah informasi hasil dari koordinasi dengan Pihak PGA Bromo.

“Melihat kondisi ini masyarakat dan pengunjung dihimbau untuk tetap tenang dan memperhatikan rekomendasi dari PVMBG, selain itu dalam menerima segala informasi seputar kondisi Gunung Bromo agar diperiksa kembali terutama tentang akurasi informasi.” ujar Kepala Pelaksana BPBD. “Sabtu, 20 Juli 2019 TRC PB akan menuju Pos PGA untuk berkoordinasi tentang perkembangan aktivitas Gunung Bromo sekaligus membantu pembersihan CCTV Visual Gunung Bromo milik Pos PGA“ tambahnya.

Saat ini baik masyarakat atau pengunjung yang ingin mengetahui visual Gunung Bromo terkini dapat mengakses CCTV Visual Gunung Bromo melalui website pada alamat http://bpbd.probolinggokab.go.id/ atau http://www.vsi.esdm.go.id/.  CCTV akan menayangkan kondisi visual Gunung Bromo dari radius kurang lebih 3 Km dari Kawah, selain itu masyarakat/ pengunjung juga dapat memperoleh informasi seputar aktivitas vulkanik Gunung Bromo.  

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo