BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

CUACA BURUK KEMBALI TERJADI, RUMAH WARGA RUSAK DAN PULUHAN POHON TUMBANG

CUACA BURUK KEMBALI TERJADI, RUMAH WARGA RUSAK DAN PULUHAN POHON TUMBANG

PROBOLINGGO - Selasa, 22 Januari 2019 tercatat dalam laporan Pusdalops PB, sumber informasi berasal dari masyarakat setempat telah terjadi angin kencang sekitar pukul 17.05 - 19.30 WIB yang berdampak pada banyaknya pohon tumbang di sepanjang Jalan Panturan antara Kecamatan Gending hingga Pajarakan. Fenomena tersebut menyebabkan rusaknya atap rumah milik warga dan beberapa bagunan ambruk. Berikut rincian kerusakan dampak kejadian tersebut:

Kecamatan Gending,

  1. Desa Brumbungan Lor, 4 Rumah Rusak (2 RR, 1 RB, 1RS)
  2. Desa Bulang, 1 Gudang dan 1 Rumah Rusak (1 RB, 1RR)
  3. Desa Pesisir, 1 Korban Luka Ringan (6 Th) dan 5 Rumah Rusak (3RR, 2RB)

Kecamatan Maron,

  1. Desa Ganting Kulon, 6 Rumah Rusak (4RB dan 2RS)

“sesuai dengan press release BMKG bahwa dalam beberapa pekan belakangan beberapa daerah di Wilayah Provinsi Jawa Timur berpotensi cuaca ekstreem yakni hujan deras disertai angin kencang pada siang, sore atau malam hari. Sehingga dihimbau bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.” Ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik.

Sejak pukul 17.30 WIB TRC PB melakukan pembersihan pohon tumbang di Jalan Raya Gending sampai Pajarakan hingga pukul 21.00 WIB. “Hal ini diutamakan agar lalu lintas kembali normal dan tidak terhambat akibat material pohon tumbang. Mengingat jumlah pohon yang tumbang dampak angin kencang sangat banyak sehingga di upayakan untuk jalur jalu vital di bersihkan terlebih dahulu. Kemudian akan dilanjutkan dengan assessment dampak rumah rusak” tambah Kabid Kedaruratan dan Logistik.

Sebanyak 6 personil TRC PB, dibantu aparat TNI, POLRI, Dinas Perhubungan dan Masyarakat setempat membantu proses pembersihan dengan menggunakan 3 Unit Chainshaw, 1 Unit Pick Up dan 1 Unit Ranger. “saat ini Ibu Bupati telah memerintahkan Dinas Sosial untuk segera memberikan bantuan Sembako kepada warga terdampak. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup agar berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pemangkasan pohon yang rawan tumbang terutama yang berada pada jalan utama.” Ujar Ir Anggit Kepala Pelaksana BPBD menyampaikan pesan Ibu Bupati.

Pada Rabu, 23 Januari 2019 Wakil Bupati Bapak Timbul Prihanjoko bersama Kepala OPD terkait mengunjungi lokasi terdampak angin kencang di Kecamatan Gending dan Maron. Sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak. Dalam kunjungannya sekaligus berkoordinasi dengan OPD terkait dalam menyikapi kejadian tersebut. Fenomena cuaca ekstreem dan angin kencang merupakan fenomena yang tidak dapat di prediksi dan di prakirakan kapan akan terjadi. Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi Kita, upaya yang dapat Kita lakukan hanyalah menyesuaikan diri misalnya seperti lebih memperhatikan struktur bangunan dan memangkas pohon rawan tumbang sehingga dampak cuaca ekstreem dapat diminimalisir. (vd)

 

 

 

 

 

Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo