BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Empat Lokasi Banjir Dampak Hujan Lebat Di Kabupaten Probolinggo

Empat Lokasi Banjir Dampak Hujan Lebat  di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO – Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo mencatat telah terjadi banjir pada 4 Desa di Kabupaten Probolinggo pada hari Rabu, 24 Januari 2018. Banjir genangan terjadi pada,

  1. Desa Sumberejo, Kecamatan Tongas (Koordinat -7.777328, 113.128443)
  2. Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu (Koordinat -7.76656,113,246478)
  3. Dusun Ngemplak Desa Dringu Kecamatan Dringu (Koordinat -7.75955,113.24984)
  4. Desa Pajurangan Kecamatan Gending

 

Sumber informasi berasal dari relawan setempat. Ketika itu hujan lebat dsiertai angin dan petir terjadi sejak dini hari Pukul 00.00 WIB hujan merata di Wilayah Kabupaten Probolinggo hingga sekitar Pukul. 05.00 WIB mulai reda.

 

Banjir yang menggenangi permukiman warga di Dusun Ngemplak dan Dusun Krajan Desa Dringu Kecamatan Dringu. Daerah terdampak di Dusun Ngemplak tepatnya RT. 01 RW. 01 hingga terdapat pagar tembok pembatas salah satu rumah warga jebol. Sedangkan di Dusun Krajan RT. 05 RW. 02. Kejadian ini disebabkan karena debit sungai meningkat dan kiriman air dari hulu relatif deras sehingga sungai tidak mampu menampung dan air meluap ke permukiman warga. Banjir genangan kurang lebih setinggi 20 hingga 30 cm. Banjir mulai surut ketika sore hari.

 

Selain di Desa Dringu banjir genangan juga terjadi di Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu yakni di RW 01 RT 01, 02, 03, dan 04. Penyebab kejadian banjir genangan sama dengan yang terjadi di Desa Dringu Kecamatan Dringu. Banjir genangan di Desa Kedungdalem mulai surut ketika sore hari. Lokasi ketiga banjir genangan terjadi di Desa Pajurangan Kecamatan Gending penyebab banjir tidak jauh beda dengan di Desa Dringu dan Desa Kedungdalem. Banjir genangan tidak terjadi terlalu lama selang 2 jam kemudian sudah mulai surut dan tinggi genangan sekitar 15 cm.

 

Satu hari sebelumnya pada Selasa, 23 Januari 2018 sejak pukul 15.00 WIB hujan lebat di wilayah Kecamatan Tongas, tercatat ketika malam hari sekitar pukul 18.00 WIB telah terjadi banjir di Desa Sumberejo Kecamatan Tongas. Beberapa rumah tergenang namun air sungai kiriman dari hulu sungao tongas meluap ke area persawahan warga sehingga lahan pertanian kurang lebih seluas 100 Ha tergenang dan merusak tanaman padi milik warga. Banjir terjadi tidak terlalu lama namun derasnya debit air yang merusak lahan pertanian meninggalkan kerugian yang tidak sedikit harus ditanggung warga.

 

Untungnya pada 4 titik lokasi banjir tidak ada korban jiwa namun berdampak pada kerugian material warga. TRC PB mengidentifikasi lokasi kejadian dan melakukan assesment. Sebagai upaya lanjutan terkait kerusakan lahan pertanian TRC PB akan berkoordinasi dengan Kalaksa untuk selanjutnya di diskusikan bersama Dinas Pertanian.

 

 “Sesuai dengan pemberitahuan dari BMKG musim hujan akan memuncak pada bulan Februari, sehingga dihimbau kepada masyarakat untuk berwaspada dan berhati hati terutaman terhadap perubahan cuaca dan diharapkan segera melapor ke BPBD apabila terpantau kondisi berpotensi bencana” Pesan dan himbauan Kabid Kedaruratan dan Logistik ketika meninjau lokasi banjir.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo