BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Empat Rumah Tertimpa Pohon Tumbang Dampak Anging Kencang

Empat Rumah Tertimpa Pohon Tumbang  Dampak Anging Kencang

PROBOLINGGO – Sejauh ini tercatat tidak sedikit kejadian pohon tumbang dampak angin kencang. Tak hanya merugikan secara material, tercatat dalam Laporan Pusdalops PB BPBD kejadian pohon tumbang sempat membawa korban hingga meninggal dunia di tempat. Sore sekitar pukul 16.00 WIB, laporan berasal dari Satpol PP setempat kepada Petugas Pusdalops PB BPBD bahwa pada Hari Jumat 08 Desember 2017 telah terjadi pohon tumbang dampak angin kencang di RT.04 RW.04 Dusun Triwungan Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.

Kejadian tersebut menimpa empat atap rumah milik warga setempat, berdasarkan hasil kajian TRC – PB kerusakan yang dialami termasuk dalam kerusakan ringan hingga sedang. Kerugian material yang harus ditanggung ditaksir mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

“ Untungnya tidak ada korban dalam kejadian ini, namun melihat kondisi saat ini yang telah memasuki musim hujan dan bersifat fluktuatif dikhawatirkan jika hujan disertai angin kencang dapat berdampak mungkin lebih parah dari pada ini. Untuk itu dihimbau agar masyarakat tetap waspada.” Ujar salah seorang personil TRC PB

Berikut data pemilik rumah yang terdampak kejadian tersebut,

  1. Sulastri, 37 Tahun. Pekerjaan Ibu Rumah Tangga
  2. Supriadi, 29 Tahun. Pekerjaan Petani
  3. Suryadi, 40 Tahun. Pekerjaan Swasta
  4. Subaidah, 39 Tahun. Pekerjaan Swasta

Upaya yang dilakukan TRC – PB yakni mengidentifikasi lokasi, mengevakuasi dan membersihkan material pohon tumbang dampak angin kencang menggunakan gergaji kayu. Serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan masyarakat sekitar. Melihat kondisi tersebut masyrakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap berhati hati. Segera mengevakuasi dan melapor kepada BPBD jika terpantau kondisi berpotensi bencana.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo