BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Himbauan Memasuki Awal Musim Penghujan 2019/2020

Himbauan Memasuki Awal Musim Penghujan 2019/2020

PROBOLINGGO – Berdasarkan Surat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya Nomor : ME.02.04/lî12/KSUB/Xl/2019 tanggal 8 November 2019 Tentang Prakiraan kondisi iklim bulan November  2019 - Januari 2020, dan Puncak Musim Hujan 2019/2020. Berikut ini disampaikan tentang prakiraan kondisi iklim pada bulan November - Januari 2019 dan prakiraan puncak musim hujan 2019/2020 serta beberapa hal yang perlu diwaspadai di Jawa Timur pada umumnya, termasuk di Wilayah Kabupaten Probolinggo, sbb :

  1. Akumulasi curah hujan di Jawa Timur selama bulan November 2019 berkisar antara 21— 500 mm. Sebagian beşar wilayah Jawa Timur diprakirakan telah memasuki awal musim hujan. Waspadai daerah dengan jumlah curah hujan tinggi (301 - 500 mm) termasuk di wilayah Kabupaten Probolinggo, dan sekitarnya.
  2. Akumulasi curah hujan di Jawa Timur selama bulan Desember 2019 berkisar antara 51— '500 mm. Waspadai daerah dengan jumlah curah hujan tinggi (301 - 500 mm) termasuk di wilayah Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya.
  3. Akumulasi curah hujan di Jawa Timur selama bulan Januari 2020 berkisar antara 151 — >500 mm. Wilayah Jawa Timur termasuk dalam kategori menengah hingga sangat tinggi.
  4. Waspadai adanya hujan lebat disertai kejadian angin puting beliung dan downburst (angin kencang yang berasal dari awan Cumulonimbus dengan kecepatan dapat mencapai 63 km/jam dengan durasi 5 — 15 menit) pada November 2019 (masa transisi dari musim kemarau menuju musim hujan).
  5. Puncak musim hujan 2019/2020 di Jawa Timur diprakirakan terjadi pada bulan Januari — Februari 2020. Waspadai adanya potensi hujan lebat dengan durasi yang lama yang berpotensi mengakibatkan adanya banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan hasil kajian Kawasan Risiko Bencana terdapat beberapa potensi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Probolinggo seperti Banjir, Tanah Longsor, Abrasi dan Gelombang Tinggi serta Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang. Berikut daerah yang perlu menjadi perhatian kewaspadaan yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi yakni,

Daerah Risiko Bencana Banjir,

  • Kec. Besuk – Desa Bago, Kecik.
  • Kec. Dringu – Desa Randuputih, Tamansari Kedungdalem, Dringu.
  • Kec. Gending – Desa Sebaung.
  • Kec. Kraksaan – Desa Kalibuntu, Asembagus, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kelurahan Patokan, Kelurahan Sidomukti.
  • Kec. Pakuniran – Desa Gunggungan Lor, Gunggungan Kidul, Desa Patemon Kulon, Ranon.
  • Kec. Sumberasih – Desa Banjarsari, Pesisir.
  • Kec. Tongas – Desa Bayeman, Dungun, Sumendi.

Daerah Risiko Bencana Abrasi

  • Kec. Kraksaan – Desa Kalibuntu, Asembagus, Kelurahan patokan, Kebonagung.
  • Kec. Paiton – Desa Randutatah, Jabung Sisir.
  • Kec. Pajarakan – Desa Sukokerto.
  • Kec. Sumebrasih – Desa Banjarsari, Giliketapang.
  • Kec. Tongas – Bayeman, Dungun, Tongas wetan, Curahdringu

Daerah Risiko Bencana Tanah Longsor

  • Kec. Gading – Desa Batur, Betektaman, Bulu Pandak, Jurangjero, Keben, Ranuwurung, Renteng, Sentul.
  • Kec. Kotaanyar – Desa Curahtemu, Sidomulyo, Tambakukir.
  • Kec. Krucil – Desa Betek, Bermi, Guyangan, Kalianan, Kertosuko, Krobungan, Krucil, Pandanlaras, Plaosan, Roto, Seneng, Sumberduren, Tambelang, Watu Panjang.
  • Kec. Kuripan – Desa Jatisari, Karangrejo, Kedawung, Resongo, Wonoasri, Wringinanom.
  • Kec. Lumbang – Desa Branggah, Negororejo, Sapih.
  • Kec. Pakuniran – Desa Bimo, Blimbing, Gondosuli, Gunggungan Kidul, Kalidandan, Kedungsumur, Kertonegoro, Pakuniran, Patemon Kulon, Ranon.
  • Kec. Sukapura – Desa Jetak, Kedasih, Ngadas, Ngadirejo, Ngadisari, Pakel, Sapikerep, Sariwani, Desa Wonokerto, Wonotoro.
  • Kec. Sumber – Desa Cepoko, Gemito, Ledokombo, Pandansari, Rambaan, Sumber, Sumberanom, Tukul, Wonokerso.
  • Kec. Tiris – Desa Andungbiru, Andungsari, Jangkang, Pedagangan, Racek, Ranuagung, Ranugedang, Rejing, Segaran, Tiris, Tlogoargo, Tlogosari, Wedusan.

 

“menaggapi perihal tersebut dihimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang tinggal di daerah yang berpotensi terjadi bencana.” ujar Ir. Anggit selaku Kepala Pelaksana BPBD. Beberapa kegiatan seperti memangkas ranting pohon rawan tumbang, membersihkan drainase, mengecek kondisi bangunan rumah dan papan baliho disekitar tempat tinggal yang berpotensi terdampak angin kencang juga dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya mitigasi, imbuhnya.

Selain itu Kepala Pelaksana juga menginformasikan tentang sistem peringatan dini BPBD yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti pemanfaatan aplikasi PROSIGAB (Probolinggo Siaga Bencana). Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk kerjsamana antara BPBD dengan BMKG. Aplikasi ini berisi tentang informasi hujan saat ini di Wilayah Kabupaten Probolinggo hingga tingkat desa secara real-time atau hampir mendekati waktu yang sebenarnya.

Sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi hujan saat ini di daerah mana saja dalam skala yang lebih detail hingga tingkat desa. Aplikasi ini dibuat dengan dua versi baik berbasis website maupun android yang dapat diakses langsung oleh masyarakat. Selain menampilkan informasi hujan, aplikasi ini juga menampilkan informasi lain seperti peringatan dini dari BMKG serta pada aplikasi android terdapat fitur “Lapor” sehingga ketika terjadi bencana masyarakat juga dapat melapor ke BPBD melalui fitur ini.

Menghadapi awal musim penghujan, BPBD akan melaksanakan koordinasi dengan OPD terkait tentang upaya antisipasi dampak bencana hidrometeorologi. Selain itu terkait informasi kebencanaan akan disampaikan secara rutin baik melalui media komunikasi (whatsaap, jaringan radio, facebook, twitter, Instagram) maupun melalui media cetak (koran, berita online, website). (pb/vd)

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo