BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Cuaca Fluktuatif Selalu Waspada dan Berhati Hati. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

HIMBAUAN MENGHADAPI DAMPAK FENOMENA SUPERMOON YANG BERPOTENSI TERJADINYA AIR PASANG DI PANTAU UTARA

HIMBAUAN MENGHADAPI DAMPAK FENOMENA SUPERMOON YANG BERPOTENSI TERJADINYA AIR PASANG DI PANTAU UTARA

PROBOLINGGO – Minggu, 20 Januari 2019 Ir Anggit Hermanuadi selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo merelease informasi terkait himbauan adanya fenomea supermoon melalui mesia sosial. Berdasarkan pernyataan BMKG, “adanya fenomena supermoon (posisi perigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi) disertai dengan bulan purnama, hal ini mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia.” 

Memperhatikan hal tersebut maka dihimbau kepada masyarakat di pesisir pantai utara khususnya pada Wilayah Kabupaten Probolinggo yang berbatasan langsung dengan pantai utara Jawa seperti Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, Gending, dan Paiton agar meningkatkan kewaspadaan dampak fenomena tersebut pada 19 -22 Januari 2019. Berdasarkan rekam kejadian Pusdalops PB daerah tersebut merupakan daerah yang sering terjadi banjir rob dan termasuk dalam daerah risiko bencana banjir dan abrasi.

“Terutama ketika pada kondisi bersamaan terjadi hujan lebat di Wilayah Probolinggo bagian tengah dan selatan, karena aliran sungai-sungai tersebut bermuara ke pantai utara. Yang perlu diwaspadai seperti Sungai Kedunggaleng Kecamatan Dringu, Sungai Kertosono di Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan dan Sungai Banyubiru Kecamatan Gending. Namun demikian selain sungai tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada sungai-sungai lain yang bermuara di pantai utara.” Ujar Kepala Pelaksana BPBD

“Segera BPBD akan berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas PUPR agar mengoptimalkan petugas penjaga pintu-pintu air dalam memberikan informasi ketika terjadi peningkatan debit air sungai akibat tingginya curah hujan di hulu yakni Probolinggo bagian tengah dan selatan. Kemudian melalui Pusdalops PB, informasi cuaca terkini akan diinformasikan kepada masyarakat secara luas melalui sarana media sosial dan website.” tambahnya.

Dalam hal ini sangat perlu bagi masyarakat untuk mengetaui informasi cuaca terkini guna meningkatkan pemahaman dalam merencanakan upaya kesiapsiagaan dalam kondisi demikian terutama yang tinggal pada daerah berpotensi bencana. Selain itu masyarakat dapat mengakses informasi cuaca dengan mandiri melalui alamat http://infocuaca.id/probolinggo untuk mengetahui informasi cuaca hingga tingkat desa atau mengakses http://prosigab.info/databencana/simon  untuk mengetahui informasi cuaca secara umum di Kabupaten Probolinggo. (vd)

 

 

 

 

Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo