BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

HUJAN LEBAT SEBABKAN LONGSOR, DERASNYA DEBIT SUNGAI MEMBAWA KORBAN

HUJAN LEBAT SEBABKAN LONGSOR,  DERASNYA DEBIT SUNGAI MEMBAWA KORBAN

PROBOLINGGO – Berdasarkan laporan yang masuk melalui Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo telah terjadi Tanah Longsor pada Senin, 03 April 2017 Pukul 17.00 WIB dengan koordinat -7.961491,113.401496 di Dusun Krajan Desa Tiris Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Sumber Informasi berasal dari Bapak Gogot, Relawan (Desa Tiris).

Telah terjadi hujan dengan intensitas sedang - deras pada hari itu yang mengakibatkan terjadinya Longsor di Desa Tiris. Berdasarkan hasil idetifikasi panjang longsor kurang lebih10 meter dengan ketinggian 4 meter. Kondisi tersebut terpantau masih rawan terjadi longsor hingga 50 meter teruama ketika kondisi hujan mulai lebat. Selain itu fakor yang menyebabkan Longsor disebabkan Karena kondisi struktur tanah yang yang tidak padat atau mudah bergerak, biasa disebut dengan tanah labil.

Tanah Labil mempunyai karakteristik kondisi tanah yang terus bergeser, pergeseran tanah ini dapat terjadi karena longsor, peretakan tanah atau bisa juga daerah itu dilalui patahan bumi. Daerah yang rentan terhadap geseran tanah adalah daerah dekat atau sepanjang patahan (Arifah, 2009).

Dampak kejadian tersebut yakni mengakibatkan akses jalan utama Desa Tiris menuju Condong ditutup sementara serta dialihkan melalui Jalur Tiris Pesawahan. Beberapa upaya penanggulangan kejadian longsor tersebut dilakukan secara bersama seperti Tim TRC PB melakukan identifikasi lokasi kejadian. Berkoordinasi dengan Perangkat Desa dan Warga setempat. Warga melakukan pembersihan material longsor menggunakan cangkul dan alat lainnya. Dilakukan penyemprotan air dengan menggunakan truck tangki air BPBD Kab. Probolinggo untuk membuka akses jalan. Berdasarkan laporan kondisi terakhir saat ini lokasi longsor sudah bisa dilewati untuk pengguna roda 4.

Kondisi curah hujan belakangan yang berfluktuatif cenderung lebat di Hulu, tercatat laporan kejadian “orang hanyut” pada 04 April 2017, Pukul 10.30 WIB di Sungai dekat lokasi longsor. Berdasarkan keterangan warga seorang pencari kayu terpleset dan jatuh ke dalam sungai kemudian seorang warga mencoba menolong namun ikut tenggelam dan hingga saat ini satu korban telah ditemukan atas nama Kholit (30th) yang beralamat di Dusun Jambuan diketemukan dalam keadaan meninggal dunia. Satu Korban lagi belum ditemukan hingga saat ini. Tim gabungan dari TRC PB, Polsek Tiris, Koramil Tiris, Aparat Setempat serta Warga masih melakukan pencarian hingga saat ini. Selain itu TRC berkoordinasi dengan POS SAR Jember dalam proses pencarian korban.