BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Kabupaten Probolinggo Terima Penghargaan Desa Tangguh Bencana Tingkat Utama Provinsi Jawa Timur

Kabupaten Probolinggo Terima Penghargaan  Desa Tangguh Bencana Tingkat Utama Provinsi Jawa Timur

SURABAYA – Jumat, 12 Oktober 2018 Hj. Puput Tantriana Sari, SE Bupati Probolinggo menerima penghargaan Desa Tangguh Bencana Tingkat Utama Kategori Partisipatif Provinsi Jawa Timur atas nama Desa Ledokombo Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo. Penghargaan diberikan ketika pelaksaaan Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke – 73. Dalam kegiatan tersebut Ir. Anung Widiarto selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo juga menghadiri kegiatan tersebut.

Selain Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Gresik juga menerima penghargaan Destana Tingkat Utama Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya penilaian Destana di Kabupaten Probolinggo dilaksanakan pada 28 Agustus 2018 dengan tema “Simulasi Mandiri Erupsi Gunung Bromo” mengingat letak Desa Ledokombo pada radius 5 Km dari Gunung Bromo. Namun Desa Ledokombo selain berpotensi terdampak erupsi Gunung Bromo juga berpotensi tanah longsor dan angin kencang.

“Kabupaten Probolinggo merupakan daerah yang memiliki morfologi bergunung dan terjal, serta berpotensi terhadap beberapa bencana. Dengan adanya apresiasi ini diharapkan masyarakat Probolinggo mampu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana” Ujar Bupati Probolinggo berpesan terhadap beberapa rekan BPBD ketika itu.

Sejauh ini sedikitnya terdapat 29 Destana yang telah terbentuk di Kabupaten Probolinggo dari 385 Desa dimama 171 Desa berpotensi tinggi terdampak bencana (Sumber : Data Pusdalops PB, Daerah Risiko Bencana). 3 Desa telah memperoleh penghargaan Destana terbaik di Provinsi Jawa Timur yakni Desa Wonokerso dan Desa Sumberanom.

“Setiap tahun akan kami bentuk Destana di Kabupaten Probolinggo, mengingat belakangan kejadian bencana menjadi atensi bagi masyarakat. Kemudian menurut penelitian ketika terjadi bencana upaya menyelematkan diri sendiri merupakan langkah yang paling efektif sebelum menunggu tim penyelamat datang. Dengan masyarakat yang Tangguh diharapkan dampak bencana dapat diminimalisir” tambahkan Kalaksa BPBD.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo