BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

KEBAKARAN LAHAN Desa Curahsawo Kecamatan Gending

KEBAKARAN LAHAN  Desa Curahsawo Kecamatan Gending

GENDING – Telah terjadi kebakaran lahan pada Minggu, 15 Juli 2018 pada titik koordinat -7,7816388, 113,2741496 Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Sumber informasi berasal dari warga setempat. Pada pukul 06.00 WIB telah terjadi kebakaran lahan seluas +/- 3 Hektar (Ha) di Bukit Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending. Hingga saat ini penyebab api masih dalam penyelidikan, api padam dengan sendirinya pada pukul 11.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tim TRC mendatangi lokasi dan  melakukan koordinasi dengan warga sekitar serta aparat setempat.

Hampir setiap tahun di musim kemarau selalu terjadi kebakaran lahan di Bukit Bentar, yang tentunya dengan berbagai alasan. Bukit Bentar yang berada di Desa Curahsawo Kecamatan Gending termasuk dalam zona rawan kebakaran hutan dan lahan. Mengingat ketika musim kemarau lokasi tersebut terpantau cukup panas disertai angin dan kelembapan relatif kecil, hampir tidak ada lahan terbangun disana. Kenampakan hanya lahan dengan vegetasi semak belukar saja. 

“ Pada musim kemarau selama 3 tahun terakhir berdampak pada kekeringan (kurangnya air bersih) di beberapa wilayah di Kabupaten probolinggo, Selain itu beberapa daerah termasuk dalam zona rawan kebakaran hutan dan lahan. Sehingga Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menumbuhkan sikap konservasi terhadap lingkungan sehingga upaya mitigasi sebagai antisipasi dampak kekeringan dan kebakaran lahan dapat diminimalisir. “ Ujar Ir Anung Widiarto, MM selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo.  

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo