BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Kerja Bakti Pasca Longsor Di Desa Ledokombo, Sumber

Kerja Bakti Pasca Longsor di Desa Ledokombo, Sumber

PROBOLINGGO – Selasa. 15 Mei 2018 Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD melaksanakan kerja bakti pasca kejadian tanah longsor di Desa Ledokombo Kecamatan Sumber. Menurut warga setempat longsor terjadi di jalur utama yang menghubungkan Desa Ledokombo ke Kabupaten Lumajang. Longsor terjadi dampak hujan lebat diwilayah tersebut serta kondisi struktur tanah yang sudah tidak lagi sempurna.

Terpantau lokasi tanah longsor merupakan daerah yang bervegetasi semak belukar tanpa pengelolahan oleh masyarakat setempat. Longsor pada tebing yang cukup terjal dengan ketinggian longsor mencapai 7 meter dan lebar 10 meter dengan beberapa bongkahan batu. Pada jalur tersebut terdapat 3 titik longsor, 2 diantaranya merupakan longsoran kecil tanpa bongkahan batu.

Sedikitnya 60 orang mengikuti kegiatan tersebut yang terdiri atas personil BPBD, masyarakat setempat, TNI dan Komunitas Kobar Bromo. Kegiatan kerjabakti dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Kondisi tanah longsor yang relatif lebar dengan material yang cukup banyak menjadikan pembersihan relatil lama.

“Sesuai dengan prakiraan BMKG bahwa beberapa wilayah telah memasuki musim kemarau namun bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. Pada beberapa wilayah yang memiliki iklim mikro masih terjadi hujan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor alami terkait perubahan cuaca yang ekstrem dan faktor meteorologis. Untuk itu kita harus tetap menjaga kewaspadaan, mengingat kondisi cuaca belakangan yang relatif fluktuatif. ” Ujar Kasi Pencegahan BPBD

Desa Ledokombo Kecamatan Sumber merupakan satu daerah yang termasuk dalam daerah risiko tinggi tanah longsor (Riview Pemetaan Daerah rawan longsor, 2016). Selain Desa Ledokombo, Desa Sumberanom dan Desa Wonokerso yang berada disamping Desa Ledokombo juga merupakan daerah risiko longsor kelas tinggi. Tercatat telah beberapa kali terjadi longsor didaerah tersebut seperti pada Desa Sumberanom tercatat di awal tahun 2018 telah mengalami 9 kali kejadian tanah longsor dengan titik lokasi yang cenderung berbeda.

Setelah proses pembersihan, sebagian material dimanfaatkan sebagai bahan modifikasi lahan. Mengingat di wilayah tersebut merupakan dataran yang cukup terjal, memanfaatkan sisa material menggunakan kantong karung dapat dimanfaatkan sebagai penahan tebing terutama yang berpotensi terjadi longsor.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo