BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Kuatkan Internalisasi Melalui Kegiatan Bimbingan Teknis Bagi Pusdalops Dan TRC PB

Kuatkan Internalisasi Melalui Kegiatan Bimbingan Teknis  Bagi Pusdalops dan TRC PB

PROBOLINGGO – Hari ini Selasa, 19 November 2019 Bidang Kedaruratan dan Logistik melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pusdalops dan TRC PB. Kegiatan ini merupakan bentuk penguatan internal sekaligus sebagai media penyegaran terkait tugas, fungsi dan pelaksanaan Standart Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Probolinggo khususnya yang berlaku bagi Pusdalops dan TRC PB.

Sesuai dengan Peraturan Kepala BNPB No 12 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pusdalops PB, Pusdalops PB atau Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana merupakan unsur pelaksana pada BNPB/BPBD yang bertugas menyelenggarakan sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana. Sedangkan TRC PB atau Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana bertugas melaksanakan kaji cepat bencana dan dampak bencana pada saat tanggap darurat meliputi penilaian kebutuhan, penilaian kerusakan dan kerugian serta memberikan dukungan pendampingan dalam penanganan darurat bencana sesuai dengan Peraturan Kepala BNPB No 9 Tahun 2008 Tentang Prosedur Tetap TRC PB.

“kegiatan seperti ini sangat penting selain sebagai bentuk peningkatan kekuatan internal dan penyegaran tentang tugas dan fungsi masing masing juga sebagai upaya awal kesiagaan mengingat saat ini adalah musim peralihan menuju awal musim penghujan. Apa yang harus dilakukan ketika terjadi krisis air bersih pada musim kemarau selama beberapa bulan terakhir tentu akan berbeda dengan apa yang harus dipersiapkan untuk antisipasi dampak kejadian bencana pada musim penghujan,” ujar Anggit Hermanuadi Kepala Pelaksana BPBD dalam sambutan pembukaan kegiatan.

Selain itu Beliau juga berpesan untuk meningkatkan semangat dan kapasitas dalam melaksanakan tugas, selalu meng-update dan menghimpun informasi yang berkaitan dengan kebencanaan bagi Personil Pusdalops PB serta mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan dalam kaji cepat ketika terjadi bencana bagi TRC PB. Sehingga apabila terdapat kondisi berpotensi bencana seluruh personil dapat melaksanakan tugas masing masing dengan lebih tepat sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini selain tentang SOP juga membuka kembali tugas dan fungsi masing masing personil yang kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan koordinasi bersama Sekretaris dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik tentang pelaksanaan SOP yang selama ini berlaku serta sharing terkait permasalahan ketika melaksanakan tugas sehigga diharapkan kedepan Pusdalops dan TRC PB dapat menjalankan tugas dengan lebik optimal serta memiliki responsifitas yang lebih baik, cepat dan tepat dalam melaksanakan penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo. (vd/pb)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo