BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Melalui Ekspedisi Tingkatkan Kapasitas Pengetahuan, Fisik Dan Pupuk Kebersamaan Sebagai Dasar Melaks

Melalui Ekspedisi Tingkatkan Kapasitas Pengetahuan, Fisik dan Pupuk Kebersamaan Sebagai Dasar Melaks

PROBOLINGGO – Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana atau yang biasa dipanggil TRC PB merupakan garda terdepan yang bertugas dalam assessment dan identifikasi awal ketika terjadi bencana. Dasar pengetahuan dan keahlian terkait kaji cepat penanganan kejadian bencana adalah bekal yang harus dipahami oleh setiap personilnya, selain itu kekuatan fisik merupakan dukungan dalam melaksanakan tugas.

Pada awal Bulan Agustus lalu tepatnya pada tanggal 03-04 Agustus 2019 telah dilaksanakan Pelatihan TRC melalui kegiatan ekspedisi Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih fisik, mental dan kebersamaan antar personil. Selang satu bulan berikutnya pada Minggu, 22 September 2019 lalu, kegiatan yang sama dilaksanakan. Kali ini Taman Wisata Kawah Ijen, Banyuwangi yang dipilih sebagai lokasi tujuan.

“Pemilihan Kawah Ijen sebagai tujuan pelatihan tidak lain karena merupakan sebuah danau kawah yang mempunyai sifat asam sangat kuat termasuk Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).”  Ujar Anggit Hermanuadi Kepala Pelaksana BPBD. Hal ini sejalan dengan kegiatan beberapa hari sebelumnya, di mana Personil TRC dan Pusdalops PB dikenalkan dengan (B3) dan bencana yang diakibatkan oleh B3 yang juga merupakan bagian dari tugas BPBD, imbuhnya.

Menurutnya pada kesempatan tersebut sekaligus dapat dipergunakan sebagai praktik bahwa dalam menangani B3 benar-benar dibutuhkan kemampuan fisik yang bagus dan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai. Seperti biasanya ekspedisi ini tidak hanya diikuti oleh TRC PB saja namun juga diikuti oleh Personil Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) sebanyak 4 (empat) orang dan salah satunya adalah perempuan serta beberapa Staf BPBD. Sedangkan Pejabat yang mendampingi antara lain Kepala Pelaksana, Sekretaris, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik serta Kepala Seksi Kedaruratan.

“melalui kegiatan seperti ini selain Kami dapat memperoleh pengetahuan secara nyata, juga dapat menjadi pupuk terjalinnya kebersamaan diantara personil. Kebersamaan yang kuat mampu berperan sebagai pengikat dan energi positif karena dalam penanganan darurat bencana dibutuhkan kerjasama dan kekompakan antar personil sehingga tugas dapat terselesaikan dengan baik” ujar Eko salah seorang personil TRC PB. (vd/pb)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo