BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

PELATIHAN SIMON RAIN BERSAMA BMKG JUANDA

PELATIHAN SIMON RAIN BERSAMA BMKG JUANDA

PROBOLINGGO – “Simonrain” atau Sistem Informasi Monitoring Hujan merupakan sebuah sistem informasi yang menampilkan informasi prakiraan hujan menggunakan radar cuaca milik BMKG. Saat ini BPBD Kabupaten Probolinggo mencoba memanfaatkan fungsi “Simonrain”  sebagai bentuk peringatan dini dalam menghadapi datangnya musim penghujan. Berdasarkan edaran dari BMKG bahwa musim penghujan maju lebih awal yakni akan bermula pada Bulan Oktober 2016. Seiring perubahan anomali cuaca belakangan yang terjadi secara fluktuatif,  BPBD Kabupaten Probolinggo meningkatkan sikap kesiapsiagaan dalam meminimalisir dampak bencana yang terjadi akibat musim penghujan dan cuaca ekstrim. Pemanfaatan “Simonrain” ini telah digunakan sebagai alat pantau oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo sejak 2 bulan terakhir.

Pada hari Selasa 04 Oktober 2016 BPBD Kabupaten Probolinggo bersama BMKG Juanda mengadakan pelatihan tentang sistem informasi monitoring hujan “Simonrain”. Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan 60 jumlah peserta dari berbagai kalangan diantaranya staf BPBD Kabupaten Probolinggo, Staff BPBD Kota Probolinggo, Anggota BASARNAS, Perwakilan dari Kecamatan dan Komunitas di Kabupaten Probolinggo serta para Relawan. Dalam kegiatan tersebut BMKG berbagi pengetahuan terkait perubahan iklim, cuaca dan faktor yang berpengaruh serta bagaimana cara memahami kenampakan yang ditampilkan oleh radar cuaca beserta karakteristik awan/angin sebagai faktor pembentuk hujan. Tak hanya berbagi pegetahuan saja namun BMKG juga menyediakan sebuah sistem informasi berbasis web yang dapat dimanfaatkan oleh pemantau radar di BPBD maupun dapat dikonsumsi oleh masyarakat terkait informasi seputar kondisi cuaca terutama yang berada di Kabupaten Probolinggo.

Sistem tersebutlah yang kemudian dikenal dengan “Simonrain”. Simonrain tidak hanya menampilkan informasi hujan saat ini namun juga kondisi rekaman informasi kejadian hujan dalam satu hari, satu minggu bahkan satu bulan dengan skala pemantauan hingga tingkat desa di Kabupaten Probolinggo. Sengaja pengetahuan tentang “Simonrain’ diperkenalkan ke masyarakat dan pemerintah hingga tingkat kecamatan serta desa bahkan komunitas di Wilayah Probolinggo agar secara bersama mampu terpantau kondisi cuaca di Wilayahnya sehingga kejadian yang berpotensi bencana dapat segera dilaporkan kepada pihak BPBD. Tentu sebagai satuan sektor komando penanggulangan bencana pengamatan secara kondisi spasial merupakan satu langkah yang cukup penting untuk mengenal karakteristik perwilayahan. Seiring demikian tidak terlepas dengan harapan “Simonrain” sebagai peringatan dini mampu menjadi acuan dalam memprakirakan dan meminimalisir dampak terjadinya bencana yang disebabkan karena cuaca. (pb/vd)

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo.