BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRB) PB BPBD Kabupaten Probolinggo

Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRB) PB  BPBD Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO – TRC Tanggap, tangkas, Tangguh! Begitulah Jargon TRC PB BPBD Kabupaten Probolinggo. Pada Rabu – Kamis, 25 – 26 Oktober 2017 Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan pelatihan bagi 15 personil TRC PB. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

“Pelatihan merupakan sebuah upaya guna meningkatkan kualitas SDM dan kesiapsiagaan TRC dalam penanggulangan bencana, kegiatan ini tidak dilaksanakan hanya satu kali namun diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin setiap 3 bulan sekali untuk TRC PB” Ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan berbagai materi dan pengetahuan serta bimbingan fisik yang secara langsung diberikan oleh Pasukan TNI Koramil Lumbang. Hari pertama pelaksanaan pelatihan, personil TRC wajib mendirikan tenda sebagai markas darurat selama pelatihan. Hari pertama dimulai dengan materi dan diskusi kelompok tentang kaji cepat identifikasi bencana kemudian dilanjutkan dengan pelatihan fisik dan baris berbaris dari TNI. Kemudian materi tentang informasi dan komunikasi yang dipimpin oleh Supervisor Pusdalops, Aries Setyawan. Hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti bersama warga dengan pembersihan sungai yang mengalami pendangkalan disekitar lokasi pelatihan. Kemudian dilanjutkan kembali materi dari TNI.

“Kedisiplinan merupakan modal utama seorang pasukan, agar tertib, tanggap dan tangkas dalam penanggulangan bencana” Ujar salah seorang TNI Koramil Lumbang.

Kegiatan tersebut juga diapresiasi oleh BNPB melalui sosial media terkait salah satu bentuk kesiapsiagaan personil dalam memupuk sikap tangguh, tanggap dan tangkas ketika terjadi bencana. Kegiatan berlangsung dengan lancar hingga secara langsung di tutup oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Ir. Anung Widiarto, MM pada Kamis, 26 Oktober 2017 dengan harapan kegiatan ini mampu memupuk kebersamaan dan menjaga jiwa ketangguhan para relawan melalui personil TRC.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo