BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

PEMBUATAN TANGGUL DARURAT DI SUNGAI DESA TANJUNGREJO, TONGAS

PEMBUATAN TANGGUL DARURAT  DI SUNGAI DESA TANJUNGREJO, TONGAS

PROBOLINGGO – Berdasarkan pematauan Sistem Informasi Hujan (Simonrain) di BPBD Kabupaten Probolinggo salam 4 hari sepekan intensitas hujan cukup tinggi. Kondisi curah hujan yang terjadi di Hulu berdampak pada meluapnya sungai yang berada di hilir sehingga sedimentasi meningkat dan kondisi debit air yang cukup deras berdampak pada luapan bahkan tanggul sungai di hilir mengalami kerusakan (longsor). Tercatat pada Minggu, 12 Maret 2017 sebuah tanggul di Koordinat -7.7277444, 113.0818429 tepatnya di Sungai Dusun Pilangkacir Desa Tanjungrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo mengalami kerusakan akibat kondisi tersebut.

Rabu, 15 Maret 2017 Pukul. 08.00 WIB BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan Kegiatan Kerja Bakti dalam Rangka Membuat Tanggul Darurat menggunakan karung berisi pasir. Sebanyak kurang lebih 1500 karung berisi pasir telah disiapkan untuk meminimalisir longsor susulan terutama ketika debit air sungai meningkat. Sementara 1000 Karung berisi pasir telah dipasang dan dimanfaatkan untuk menjadi tanggul darurat, sedangkan 500 karung berisi pasir akan diletakkan di kediaman Kepala Desa Tanjunrejo sebagai persediaan ketika ada longsor susulan. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 50-70 Orang berasal dari masyarakat, TNI, POLRI, Muspika dan Personil BPBD Kabupaten Probolinggo.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini secara umum kondisi cuaca di wilayah Indonesia cenderung masih lembab/ basah. Beberapa wilayah Indonesia saat ini sedang memasuki masa/ periode transisi/pancaroba. Walaupun awal musim kemarau telah diprakiraan akan terjadi mulai Bulan Mei 2017 dan curah hujan saat ini sudah mulai berkurang namun saat ini masih sangat dimungkinkan untuk terjadi hujan bahkan ekstrim diikuti oleh angina dan petir.

“dihimbau untuk masyarakat agar tetap waspada dan berhati hati serta mengupayakan sikap yang tanggap terutama dalam menanggapi keadaan cuaca yang flutuatif hingga akhir musim penghujan yakni hingga akhir Bulan April 2017” Ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo.

 

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGGO