BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

PRAKIRAAN CURAH HUJAN PROBOLINGGO JANUARI 2017

PRAKIRAAN CURAH HUJAN PROBOLINGGO JANUARI 2017

Hujan dengan intensitas tinggi diprediksi masih akan terus berlangsung hingga bulan Maret 2017. Berdasarkan informasi Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI) diprediksi puncak hujan akan terjadi pada bulan Desember 2016 hingga Januari 2017. Menurut analisis kondisi tersebut disebabkan oleh terjadinya La Nina, selain Indonesia berada dalam kondisi kemarau basah penyebab lain yakni adanya anomali pertumbuhan awan di dunia. 

"Awan-awan berkumpul di Indonesia karena suhu muka laut yang bervariasi. Terdapat gelombang atmosfer ekuator yang terpantau muncul membawa gugusan awan besar," ujar Ketua Pokja Cuaca Ekstrem IABI.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG di Kabupaten Probolinggo cukup beragam. Tentu terdapat banyak faktor meteorologis dan klimatologis yang mempengaruhi. Terpantau kondisi curah hujan pada Bulan Januari 2017 di Kabupaten Probolinggo terbagi atas 3 klasifikasi kondisi curah hujan yakni Probolinggo bagian Tenggara memiliki intensitas curah hujan sangat tinggi yakni >400 mm seperti terpantau di Kec. Gading, Krucil dan Tiris. Probolinggo bagian tengan memiliki intensitas curah hujan tinggi yakni 301-400 mm meliputi Kec. Sukapura, Sumber, Lumbang, Banyuanyar, Gending, Maron dan Pakuniran. Sedangkan wilayah lain terpantau memiliki intensitas curah hujan cukup menengah yakni 201-300 mm.

Dalam kondisi curah hujan yang menengah biasanya memiliki hari tanpa hujan yang menengah yakni berkisar antara 7 sampai 10 Hari, sedangkan wilayah yang memiliki kondisi curah hujan tinggi hingga sangat tinggi memiliki hari tanpa hujan yang relatif pendek berkisar 1 sampai 6 hari.

Anomali cuaca berfluktuatif Hujan lebat disertai angin dan petir menjadikan Banjir dan longsor menjadi ancaman, Selain itu dampak pohon tumbang akibat angin kencang juga perlu diwaspadai mengingat beberapa waktu belakangan kejadian pohon tumbang tercatat berdampak hingga menyebabkan adanya korban. Melihat kondisi tersebut dihimbau bagi masyarakat untuk tetap berwaspada dan berhati-hati sebagai sikap antisipasi menghadapi dampak musim penghujan dan kondisi cuaca yang berubah-ubah. (pb/vd)

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGGO