BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Rapat Koordinasi Dan Sinkronisasi Menuju Kabupaten Probolinggo Tangguh Bencana

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Menuju Kabupaten Probolinggo Tangguh Bencana

PROBOLINGGO – Bertempat di Ruang Pertemuan Rumah Dinas Wakil Bupati, hari ini Kamis, 28 November 2019 Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Menuju Kabupaten Probolinggo Tangguh Bencana. Kegiatan ini dipimpin secara pribadi oleh Timbul Prihanjoko selaku Wakil Bupati Probolinggo dan dihadiri oleh beberapa OPD dan Organisasi terkait Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana seperti TNI, POLRI, Dinas PUPR, Perkim, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Dinas Sosial, DLH, Bappeda dll. Serta beberapa organisasi terkait seperti PMI, Kwarcab dll.

Kepala Pelaksana, Ir Anggit Hermanuadi menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut himbauan yang telah disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kesiapsiagaan menghadapi dampak bencana hidrometeorologi pada musim hujan tahun 2019/2020 yang telah diprakirakan oleh BMKG.

“melalui kegiatan ini sekaligus menjadi refresh bagi pihak/OPD/organisasi terkait, yakni mengingat dan menyegarkan kembali tentang peran masing - masing dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana” imbuhnya. Ir Anggit juga menyampaikan sebaran kejadian bencana sepanjang tahun 2019 yakni tercatat terdapat 98 kejadian bencana sejak awal tahun hingga bulan Oktober.  

Menanggapi hasil penyampaian tersebut Wabup menegaskan dan mengingatkan kembali terkait peningkatan fast respon apabila terjadi bencana baik BPBD maupun OPD yang terkait. “ketika terjadi bencana, segera meluncur, atasi dan laksanakan sesuai dengan peranan masing – masing” ujarnya.

Selain itu Wabup juga menambahkan agar setiap pihak OPD dan lainnya untuk mensiagakan peralatan, perlengkapan dan personil agar dapat bergerak cepat dan tepat ketika terjadi bencana. “Misalnya BPBD untuk mensiagakan peralatan seperti chainshaw, kendaraan mobilisasi, kemudian untuk PU agar memeriksa kesiagaan  alat berat, Dinas Sosial dapat mensiagakan personil dan dukungan bantuan lainnya dalam penanganan bencana.” imbuhhnya.

Sebelumnya Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan telah menyusun Rencana Kontinjensi untuk beberapa ancaman bencana di Probolinggo salah satunya tentang banjir di Sungai Pancarglagas dan Kedunggaleng serta tentang ancaman bencana tanah longsor. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pihak yang terkait mulai menyegarkan dan mengevaluasi tugas masing - masing dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang telah tertuang dalam rencana kontinjensi terutama sebagai upaya untuk mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi padan musim hujan tahun 2019/2020 ini.  

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo