BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Rapat Koordinasi Penangana Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau

Rapat Koordinasi Penangana Krisis Air Bersih  Dampak Musim Kemarau

PROBOLINGGO – Senin 29 Juli 2019 BPBD melaksanakan Rapat Koordinasi terkait penanganan krisis air bersih di Kabupaten Probolinggo dampak musim kemarau tahun 2019. Kegiatan rapat dimulai Pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh pejabat atau staf terkait yang berasal dari OPD tertentu seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, PDAM Probolinggo dan beberapa Kecamatan Risiko Tinggi Krisis Air Bersih seperti Kecamatan Tegalsiwalan, Leces, Wonomerto, Kuripan, Lumbang dan Tongas.

Dalam beberapa tahun terakhir tercatat kejadian krisis air bersih masih belum mampu terselesaikan secara optimal. Namun jumlah daerah terdampak krisis air bersih menun sejak tahun 2013.  Berikut data rincian sejak tahun 2013 hingga 2018,

Tahun 2013 = 12 Kecamatan 44 Desa

Tahun 2014 = 13 Kecamatan 40 Desa

Tahun 2015 = 11 Kecamatan 39 Desa

Tahun 2016 = 11 Kecamatan 31 Desa

Tahun 2017 = 7 Kecamatan 16 Desa

Tahun 2018 = 6 Kecamatan 12 Desa

 

Koordinasi merupakan satu upaya penting dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk sharing dan berbagi informasi khususnya terkait krisis air bersih mengingat saat ini Kabupaten Probolinggo telah memasuki musim kemarau. Melalui OPD terkait akan disampaikan informasi kegiatan yang berkaitan dengan penanganan krisis air bersih, kemudian melalui koordinasi ini diharapkan juga mampu berperan sebagai media pertukaran informasi terkait kondisi daerah yang terdampak krisis air bersih, apakah faktor penyebabnya murni dari kondisi meteorologis atau mungkin terdapat faktor lain seperti kendala infrastruktur yang belum merata maupun infrastruktur yang mengalami kerusakan. Serta kondisi terkini dan perkembangan kondisi apakah sama dengan tahun sebelumnya atau tidak. Kemudian penyelesaian akan didiskusikan secara bersama terutama dengan OPD terkait yang termasuk dalam forum koordinasi ini.

Kegiatan rapat koordinasi dipimpin oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Sugeng Suprisayoga.  Dalam kegiatan rapat koordinasi disampaikan tentang kondisi daerah berpotesi krisis air bersih dan permasalahan yang selama ini tercatat di BPBD untuk didiskusikan kembali dan mencari solusi terkait penyelesaiannya. Melalui kegiatan ini diharapkan sinkronisasi antara berbagai pihak dapat di optimalkan sehingga penanganan krisis air bersih dapat lebih ditingkatkan. Kemudian Kabid Kedaruratan dan Logistik juga menyampaikan “dihimbau kepada daerah di Kabupaten Probolinggo yang terdampak krisis air bersih dan membutuhkan air bersih agar melapor dengan membuat surat permohonan. Hal ini dimaksudkan agar pemenuhan kebutuhan air bersih di masyarakat dapat terpenuhi dengan cukup” ujarnya.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo