BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN RENCANA PENANGGULANGAN BENCANA KABUPATEN PROBOLINGGO

RAPAT KOORDINASI  PENYUSUNAN RENCANA PENANGGULANGAN BENCANA KABUPATEN PROBOLINGGO

PROBOLINGGO – Kompleksnya permasalahan kebencanaan di Kabupaten Probolinggo dipadukan dengan kondisi fisik, ekonomi, sosial dan lingkungan yang rentan serta kondisi kapasitas yang kurang baik, maka ancaman yang ada dapat menjadi bencana.  Menilik situasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Probolinggo dbawah kooordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkewajiban menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.  Berdasar Rencana Strategis BNPB Tahun 2015-2019, indeks risiko bencana Kabupaten Probolinggo dikategorikan tinggi.  Oleh karena itu, penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah aspek prioritas guna mengurangi bahkan menghilangkan dampak dan kerugian yang lebih besar.

Penyelenggaraan penanggulangan bencana perlu dilaksanakan baik sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana, sesuai perubahan paradigma penanggulangan bencana yang responsive menjadi preventif.  Penyelenggaraan penanggulangan bencana salah satunya diwujudkan dengan menyusun Rencana Penanggulangan Bencana (RPB). 

Rabu, 01 Maret 2017 selesai kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kontinjensi Longsor, sebagai koordinasi pendahuluan BPBD Kabupaten Probolinggo bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Lembaga Usaha, Masyarakat dan Komunitas melaksanakan Koordinasi Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana di Kabupaten Probolinggo. Dokumen tersebut disusun bertujuan untuk memberikan panduan dan sebagai bahan referensi dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yakni kesesuaian antara kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah agar disesuaikan dan dikaitkan dengan penyelenggaraan penanggulangan bencana terutama di Kabupaten Probolinggo.

RPB adalah rencana induk dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.  Penyusunan RPB Kabupaten Probolinggo adalah sebuah tindak lanjut dari kegiatan pemetaan kawasan risiko bencana yang telah dilakukan pada tahun 2014 dan direview tahun 2016. Penyusunan RPB Kabupaten Probolinggo selain menjalankan amanat Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 dan PP N0. 21 Tahun 2008, juga memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Probolinggo Tahun 2010-2029 untuk meminimalkan risiko bencana. RPB adalah dokumen yang mengedepankan koordinasi seluruh pemangku kepentingan serta mampu mengintegrasikan rencana pembangunan di Kabupaten Probolinggo dalam mendukung berlangsungnya proses pengurangan risiko bencana. Penyusunan RPB diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan praktik-praktik penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo yang preventif serta penyelenggaraan penanggulangan dapat berlangsung lebih sistematis, terencana dan tidak terdapat hal-hal penting terlewatkan.

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGO