BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Rumah Terbakan Habis Akibat Arus Pendek Di Desa Karanggeger, Pajarakan.

Rumah Terbakan Habis Akibat Arus Pendek di Desa Karanggeger, Pajarakan.

PROBOLINGGO - Pada Hari Rabu, 10 Agustus 2016, Telah terjadi kejadian kebakaran di Dusun Blumbang Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Kronologis kejadian yakni sekitar pukul 06.15 WIB di Rt 12 Rw 04 Desa Karanggeger sebuah warung nasi dan bengkel milik Bu Satuni 55th dan Pak Parman 58th terbakar habis. Menurut beberapa saksi di TKP kebakaran bermula pada saat Pak Parman selaku Suami Bu Satuni mengisi bensin dari dirigen kedalam botol untuk dijual kembali. Pada saat yang bersamaan didekat Pak Parman terdapat sebuah kabel listrik yang konslet yang menimbulkan percikan api dan menyambar bensin. Alhasil arus pendek terjadi dan Api dengan cepat menjalar serta membakar seluruh bangunan yang sehari hari digunakan sebagai warung dan bengkel tambal ban milik Pak Parman dan Bu Satuni.

Api berhasil dipadamkan oleh warga dan tidak menjalar kerumah sekitarnya. Sebagai upaya lanjutan BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan assessment lokasi dengan di dampingi perangkat desa guna menginventarisir dampak kejadian dan menghubungi pihak terkait penanganan kebakaran di Wilayah Kabupaten Probolinggo. Hingga saat ini diketahui untuk korbah dampak kebakaran nihil namun kerugian yang harus ditanggung oleh Pak Parman sekeluarga sekitar +/- Rp. 60.000.000,-. Arus pendek merupakan Hubungan pendek atau korsleting (dari bahasa Belanda kortsluiting) adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Listrik sangat berbahaya apabila terjadi korsleting, akan berakibat sangat fatal dan mudah terjadi kebakaran. Sering kita melihat rumah, toko, gudang, pasar-pasar, mall, dan bangunan lainnya terbakar akibat terjadinya korsleting listrik. Jadi, jangan pernah anggap sepele aliran listrik yang berada di sekitar ruangan anda. Kebanyakan orang menganggap hal tersebut tidak terlalu penting dan akhirnya menyesal karena sudah terlambat menjaganya. Terdapat beberapa tips dalam mencegah korsleting listik di rumah dan coba mulai memperhatikanya dari sekarang, yaitu:

  1. Jangan biarkan stop kontak menumpuk pada satu sumber listrik (sekering), sesuaikan dengan daya sambung, jangan pernah lebihkan atau dikurangi.
  2. Periksa setiap kabel listrik yang terkelupas atau terbuka. Karena itu sangat berbahaya bila terkena benda cair, dan langsung perbaiki atau ganti. Berbahaya juga jika kedua kabel tersebut saling bergesekan.
  3. Jauhkan listrik dari jangkauan anak-anak dari saklar atau stop kontak, karena anak-anak memegang listrik tanpa mengetahui akibatnya. Lebih baik anda menjaga-jaganya lebih jauh sebelumnya.
  4. Biasakan mengunakan material listrik seperti kabel atau stop kontak dan steker yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel resmi. Jangan melihat dari murahnya harga barang tersebut tetapi tidak tahan panas dan mudah meledak, tapi carilah yang memang bisa menjaga kekuatan sumber arus listrik pada barang tersebut dan terjamin.
  5. Belajarlah memperhatikan lingkungan sekitar anda yang berdekatan aliran listrik atau kabel-kabel yang mendekati dan menyentuh jaringan listrik dan jangan pernah coba-coba menyantol listrik dari aliran yang salah dan mengutakatik kWh bila tidak paham juga yang paling sering terjadi jangan coba mencuri aliran listrik secara tidak sah karena berakibat sangat fatal.

Baik Bencana maupun Kejadian yang merugikan masyarakat dapat terjadi dimanapun dengan waktu yang tak terduga, baik dengan faktor penyebab alam maupun manusia untuk itu saat ini sikap kewaspadaan merupakan sahabat yang harus tetap terjaga melihat fenomena dalam kehidupan yang semakin sulit untuk ditebak. Salam Kemanusiaan, Probolinggo Tangguh Becana! (pb/vd)