BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

SANTRI TANGGUH BENCANA, GELAR RELAWAN 2016

SANTRI TANGGUH BENCANA, GELAR RELAWAN 2016

PROBOLINGGO – Dalam sepekan terakhir BPBD Kabupaten Probolinggo mempersiapkan kegiatan “Gelar Relawan”, kegiatan tersebut merupakan sebuah kegiatan aktivasi relawan di Wilayah Kabupaten Probolinggo. Pada tahun ini Gelar Relawan yang diadakan BPBD Kabupaten Probolinggo sedikit berbeda yakni dengan melibatkan 200 Santri sebagai Relawan Aktor Penanggulangan Bencana. Kegiatan Gelar Relawan tahun 2016 diadakan selama dua hari yakni pada tanggal 19 – 20 Oktober 2016. Selain dengan latar belakang untuk mengaktivasi relawan, kegiatan tersebut sekaligus memperingati hari santri yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2016.

Serangkaian pendidikan, pengetahuan dan pelatihan tentang penanggulangan bencana dirangkum dalam kegiatan tersebut. Pembukaan gelar relawan dilaksanakan dengan kegiatan “Upacara Gelar Relawan” yang dihadiri oleh berbagai unsur pemerintahan (SKPD, TNI, POLRI, Camat dll), komunitas dan beberapa dunia usaha di Kabupaten Probolinggo. Dalam pelaksanaan Upacara Gelar Relawan, Bupati Probolinggo selaku Pembina Upacara bersama peserta melaksanakan upacara dengan hidmat. Setelah upacara gelar relawan berlangsung, BPBD Kabupaten Probolinggo bersama pemerintah setempat menandatangani Rencana Kontingensi Banjir dan Longsor Kabupaten Probolinggo, juga beberapa MOU dengan pihak pendukung penanggulangan bencana meliputi pemerintah (BMKG, Kwarcab Probolinggo dan TNBTS), masyarakat (RAPI, ORARI, Komunitas Kobar Bromo dan Bromo Lovers), dan dunia usaha (Telkom Indonesia, Telkomsel, Maxhrome Multimedia, PT.IPMOMI). Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Probolinggo.

Tidak hanya itu sebagai kelanjutan kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan Desa Tangguh Bencana Terbaik Kategori Pratama oleh Bupati Probolinggo kepada Kepala Desa Wonokerso, Sumber, juga penyerahan Penghargaan Pengelola Data Bencana dan Pusdalops Terbaik dalam Tangguh Award ke – V oleh Bupati Probolinggo kepada Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo. Selesai kegiatan Upacara Gelar Relawan dilanjutkan dengan pendidikan dan pengetahuan tentang mitigasi bencana bersama Pusppita (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Indonesia Tangguh) dan Jendral Besar Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dengan lancar. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan sikap tanggap tangguh bencana didalam diri setiap insan dan mampu menularkan pengetahuan terkait mitigasi bencana  sehingga dalam menyikapi penanggulangan bencana masyarakat lebih siap dan sigap. (pb/vd)

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo