BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Satu Hari, Sembilan Belas Rumah Rusak Terdampak Angin Kencang

Satu Hari, Sembilan Belas Rumah Rusak  Terdampak Angin Kencang

PROBOLINGGO – Telah terjadi angin kencang pada hari Selasa, 16 Januari 2018  Pukul 15.30 WIB di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih pada koordinat -7.741958, 113.141209. Sumber informasi berasal dari Koramil Sumberasih. Sedikitnya dua belas rumah milik warga harus mengalami kerusakan dampak kejadian tersebut.

“Untungnya kerusakan yang menimpa warga tidak memakan korban dan terkategori rusak ringan” Ujar salah seorang personil TRC PB.

TRC PB melakukan identifikasi dan assesment serta membantu warga membersihkan dan membenahi kerusakan dampak angin kencang. Selang dua hari kemudian Kepala Pelaksana BPBD bersama Kasi Kedaruratan dan Kepala Desa Banjrasari menyerahkan santunan bantuan logistik kepada warga terdampak angin kencang. 

Pada hari yang sama juga terjadi angin kencang di Dusun Darungan Desa Pamatan Kecamatan Tongas, namun sedikit berbeda yang terjadi di Sumberasih hanya angin kencang sedangkan yang di Kecamatan Tongas angin kencang disertai hujan lebat. Kondisi tersebut menyebabkan 6 dapur rumah milik warga mengalami kerusakan, 2 kandang rusak berat dan 1 gudang juga mengalami rusak berat. Berikut data terdampak,

No

Pemilik

Keterangan

1.

Hidayatullah

Dapur Rumah Rusak Berat

2.

Astrowijoyo

Dapur Rumah Rusak Ringan

3.

Busar

Rumah Rusak Ringan

Kandang Rusak Berat

4.

Sunarip

Dapur Rusak Berat

5.

Abdul Kholik

Kandang Ayam Rusak Berat

6.

Piartono

Dapur Rusak Berat

7.

Marjoko

Gudang Batako Rusak Berat

Upaya yang dilakukan sama seperti kejadian yang ada di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih. “Beberapa kali terjadi anomali cuaca yang cenderung ekstrim seperti hujan lebat disertai dengan angin kencang yang tidak bisa diprediksi, dihimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati serta sigap memonitor peringatan dini cuaca yang di share oleh Pusdalops. “ Pesan Kabid Kedaruratan dan Logistik ketika mengunjungi lokasi kejadian. 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo