BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

Simon Rain, Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Simon Rain, Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

PROBOLINGGO, belakangan ini kondisi cuaca sangat tidak menentu berdasarkan Prakiraan Musim Kemarau Stasiun BMKG Juanda Surabaya pada bulan Juni 2016 seharusnya sudah memasuki musim kemarau. Namun pada kenyataannya beberapa waktu belakangan masih terjadi hujan di beberapa wilayah khususnya di Kabupaten Probolinggo. Selain itu beberapa peringatan dini dari BMKG sejak akhir Bulan Mei 2016 memeritahukan bahwa beberapa wilayah Indonesia akan terdampak cuaca ekstrim sebagai dampak dari perubahan iklim dan beberapa faktor meteorologis perairan Samudera Hindia. Bencana merupakan satu hal yang tidak dapat dihindari namun dampaknya dapat diminimalisir. BPBD sebagai salah satu sektor komando Penanggulangan Bencana tentu berupaya dalam berbagai bidang guna meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Belakangan kondisi gelombang diperairan dan hujan lebat akibat cuaca ekstrim mulai dirasakan diberbagai wilayah di Indonesia salah satunya di Kabupaten Probolinggo. Sejak akhir Bulan Mei 2016 beberapa kali tercatat hujan lebat yang merata dengan Intensitas yang cukup tinggi serta berdampak pada terjadinya ROB diwilayah pesisir, angin kencang, longsor dan banjir genangan dibeberapa wilayah dengan luasan yang cukup mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

Saat ini kondisi cuaca tidak dapat diprediksi dengan periode tertentu karena bersifat sangat fluktuatif, terkait hal itu BPBD Kabupaten Probolinggo akan melaksanakan kerjasama dengan BMKG Juanda Surabaya dalam pelayanan informasi meteorologi dan geofisika melalui sebuah sistem yang disebut dengan “Sistem Monitoring Hujan” atau biasa disebut dengan “Simon Rain”. Simon Rain merupakan sebuah sistem informasi yang disiapkan oleh BMKG untuk prakiraan terjadinya hujan di suatu wilayah baik Kabupaten, Kecamatan maupun Desa dengan bantuan Radar Hujan BMKG. Setiap hari BMKG memang mengeluarkan prakiraan hujan dengan skala wilayah Kabupaten, dalam hal ini BPBD Kabupaten Probolinggo bertujuan untuk menerapkan Simon Rain dengan skala Kecamatan bahkan Desa sehingga cuaca di Kecamatan ataupun di Desa di Wilayah Kabupaten Probolinggo dapat terpantau dari Posko Penanggulangan Bencana Kabupaten Probolinggo. Pemanfaatan Simon Rain termasuk dalam langkah kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana khususnya untuk bencana yang terjadi diakibatkan oleh intensitas hujan disuatu wilayah. (pb/vd)