BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Tanah Longsor Di Desa Plaosan Kecamatan Krucil

Tanah Longsor di Desa Plaosan Kecamatan Krucil

PROBOLINGGO – Berdasarkan Laporan Praja Dedi (Anggota Satpol PP Kecamatan Krucil) telah terjadi Tanah Longsor pada Sabtu Malam 28 Oktober 2017 pukul 23.00 WIB di Desa Plaosan RT.08 RW.09 Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo tepatnya pada koordinat -7.922833 LS dan 113,555039 BT.

Berdasarkan kronologi kejadian yakni pada pukul 15.30 WIB Hujan lebat menyelimuti Daerah Krucil pada umumnya dan Desa Plaosan Khususnya hingga menjelang malam, dan pada pukul 23.00 WIB  terjadi Tanah Longsor. Kejadian tersebut menimpa rumah seorang warga atas nama Bpk. Slamet (26 Th) dan berdampak pada kerusakan dinding rumah bagian selatan serta atap rumahnya. Sesuai hasil observasi TRC kerusakan disebabkan karena dihantam batu besar reruntuhan Longsor tebing yang terletak disebelah rumah. Kondisi saat itu kebetulan Bpk. Slamet beserta keluarga sedang berada dirumah sebelah. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

TRC PB melakukan kajian observasi lokasi kejadian untuk mengidentifikasi faktor penyebab tanah longsor dan berkoordinasi bersama aparat sekitar yakni Satpol PP , Tagana, Aparatur Desa dan warga setempat. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan darurat dan pembersihan material longsor.

“ Secara umum memang hujan terjadi belum merata di Kabupaten Probolinggo namun di beberapa daerah sudah mulai turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Untuk itu dihimbau bagi masyarakat agar tetap waspada menghadapi perubahan cuaca yang tidak menentu” Ujar Kasi Kedaruratan BPBD.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo