BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Potensi Bencana di Musim Hujan! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

3 Titik Kejadian Banjir Dan Longsor Dampak Musim Hujan Di Kecamatan Tiris, Probolinggo

3 Titik Kejadian Banjir dan Longsor  Dampak Musim Hujan di Kecamatan Tiris, Probolinggo

PROBOLINGGO – Tercatat laporan masuk ke Pusdalops PB telah terjadi banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat pada 06 Desember 2017 yang berdampak menutup akses jalan di Dusun Tancak Desa Ranuagung Kecamatan Tiris. Kejadian tersebut tidak hanya menutup akses jalan di satu sisi terdapat jembatan yang tersumbat material kayu dan tanah terbawa arus banjir dari bagian hulu sungai sehingga air yang mengalir disungai tersebut terhalang. Kondisi ini dikhawatirkan jika terjadi hujan lebat susulan akan berdampak pada hancurnya jembatan karena terbawa arus ataupun luapan air yang akan berpotensi banjir di permukiman sekitar lokasi.

Informasi berasal dari masyarakat setempat. Pada waktu yang sama terjadi Longsor yang berdampak pada ambrolnya sebuah plengsengan sepanjang 4 x 10 meter di Desa Ranu Gedang Kecamatan Tiris. Selanjutnya masih diwaktu yang sama terjadi banjir dengan intensitas debit air yang cukup deras sehingga menyebabkan jebolnya sebuah dinding rumah milik seorang warga bernama Suliha di Dusun Wates Desa Ranuagung Kecamatan Tiris.

Tidak ada korban pada ketiga titik kejadian tersebut. TRC PB melaksanakan identifikasi lokasi, pembersihan dan evakuasi material dampak kejadian tersebut serta memasang yellow line dan papan peringatan terutama dititik yang dikhawatirkan berpotensi terjadi banjir atau longsor susulan disekitar ketiga lokasi tersebut.

“Sebagai upaya darurat TRC akan melaksanakan evakuasi dan memasang peringatan dini sedangkan upaya lanjutan nanti akan Kami koordinasikan dengan pihak terkait. Dengan kejadian tersebut masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan segera melapor atau mengevakuasi diri apabila terpantau kejadian berpotensi bencana” Ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD.

Banjir, Tanah Longsor dan Angin Kencang merupakan jenis bencana yang berpotensi terjadi di musim hujan. Kondisi curah hujan dan fluktuatif cuaca yang belakangan tidak dapat diprediksi dengan pasti tentu BPBD melaksanakan berbagai upaya guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat seperti apel siaga, pemasangan rambu dan menghimpun informasi kondisi daerah melalui para relawan. Pada beberapa wilayah BPBD juga telah menyebarkan SMS Blaster guna menyebarkan informasi kewaspadaan kepada masyarakat termasuk di beberapa wilayah yang berisiko terjadi bencana.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo