BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

3 TITIK LONGSOR TERCATAT TERJADI DALAM SEHARI DI KABUPATEN PROBOLINGGO

3 TITIK LONGSOR TERCATAT TERJADI DALAM SEHARI  DI KABUPATEN PROBOLINGGO

PROBOLINGGO – Musim hujan masih belum usai terpantau hari tanpa hujan masih memasuki jangan waktu yang sangat pendek yakni 2 hingga 5 hari. Beberapa kejadian seperti longsor dan banjir terjadi dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Tercatat 3 laporan titik kejadian longsor akibat curah hujan yang tinggi dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi pada Senin, 23 Januari 2017 sekitar Pukul 12.00 WIB s/d 17.00 WIB.  Kejadian terjadi di Desa Plaosan Kecamatan Krucil, Desa Ranugedang Kecamatan Tiris dan Desa Sumberanom Kecamatan Sumber.

Longsor di Desa Plaosan Kecamatan Krucil. Sebuah Plengsengan di SD 2 Plaosan longsor akibat hujan lebat. Korban kejadian tersebut tidak ada. Dampak kejadian sebuah Plengsengan Ambrol di sisi bangunan sekolah. Upaya yag dilakukan BPBD yakni identifikasi lokasi yang dibantu oleh rekan rekan didaerah dan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk menindaklanjuti kejadian tersebut.

Longsor selanjutnya terpantau di Desa Ranugedang Kecamatan Tiris di hari yang sama terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak ada Korban dalam kejadian tersebut. Namun berdampak pada Jalan utama yang tertutupi material longsor. Laporan dari Pemerintah setempat pembersihan material longsor langsung ditangani oleh warga menggunakan truk tangki air milik BPBD.

Selanjutnya terpantau laporan kejadian longsor di koordinat -7.964507 113.040525, Tepatnya di Desa Sumber Anom Kecamatan Sumber. Laporan berawal dari masyarakat, material longsor menutupi akses jalan secara total. Ketinggian tebing yang longsor sekitar 15 meter dan panjang longsoran 50 meter. Tindakan yang di Lakukan BPBD bersama TRC PB melakukan identifikasi lokasi kejadian, Berkoordinasi dengan Masyarakat dan Aparat Setempat serta Melakukan kerja bakti bersama Warga untuk memindahkan material longsor.

Selain hujan lebat yang menyebabkan kejadian longsor diduga disebabkan oleh struktur tanah yang mulai tidak sempurna sehingga terjadi proses pengikisan dan berdampak pada longsor. Melihat kondisi tersebut dihimbau bagi masyarakat untuk tetap berwaspada dan segera melapor ke posko bencana bila terpantau kejadian berpotensi bencana. Sebagai upaya jangka panjang dihimbau bagi masarakat untuk menerapkan sikap konservatif yang berperan dalam pemerhati lingkungan terutama menjaga kesuburan tanah melalui penanaman vegetasi yang tidak mudah terkikis oleh factor alam lainnya.

 

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGGO