BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

36 Dusun Pada 14 Desa Di Kabupaten Probolinggo Terdampak Krisis Air Bersih

36 Dusun pada 14 Desa di Kabupaten Probolinggo  Terdampak Krisis Air Bersih

PROBOLINGGO – Berdasarkan hasil rekap data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) hingga 10 November 2019 terdapat 36 Dusun di 14 Desa pada 8 Kecamatan terdampak krisis air bersih. Distribusi air bersih telah dilaksanakan sejak Bulan Juli secara rutin dan berkala, sekitar 70 hari terhitung hingga saat ini. Setiap hari 3 hingga 4 tangki air bersih dengan kapasitas 16.000 hingga 21.000 liter bertugas mendistribusikan air bersih kedaerah terdampak. Dalam kurun waktu beberapa bulan ini kurang lebih 1.190.000 liter air telah terdistribusi dan dapat dimanfaatkan oleh sekitar 59.500 jiwa terdampak air bersih.

“distribusi air bersih dilakukan sesuai dengan permohonan kebutuhan air bersih dari Kepala Desa maupun Camat setempat” ujar Anggit Kepala Pelaksana BPBD. Melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik, media sosial serta moda komunikasi yang lain selalu disosialisasikan kepada daerah terdampak krisis air bersih untuk segera membuat surat permohonan distribusi air bersih melalui pemerintah setempat kepada BPBD, imbuhnya.

Daerah terdampak air bersih sejak tahun 2015 hingga saat ini mengalami fluktuasi, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya intensitas musim kemarau yang berbeda disetiap tahun. Selain itu penyebab krisis air bersih di Kabupaten Probolinggo juga sangat beragam seperti belum optimalnya infrastruktur, jauhnya lokasi sumber mata air dan faktor kondisi meteorologis. Tahun ini seperti yang diketahui kondisi cuaca pada musim kemarau sangat ekstrem sehingga daerah yang terdampak krisis air bersih semakin bertambah pada setiap bulan.

Distribusi air bersih merupakan upaya kedaruratan, sembari itu koordinasi dengan berbagai pihak terkait dan OPD berwenang akan selalu dilakukan guna menganalisis dan mencari upaya jangka panjang dalam penyelesaian permasalahan krisis air bersih di Kabupaten Probolinggo. Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik sesuai prakiraan BMKG pada Bulan November akan memasuki musim penghujan namun tentu masih belum merata, seperti beberapa hari terakhir terpantau beberapa daerah di Kabupaten Probolinggo mulai turun hujan sesekali namun tidak merata. Selain itu meski telah turun hujan beberapa sumber mata air masuh belum kembali optimal untuk dimanfaatkan sehingga apabila masih dibutuhkan distribusi air bersih akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada kondisi saat itu sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo