BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan Kesiapsiagaan Menghadapi Awal Musim Hujan

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Kesiapsiagaan Menghadapi Awal Musim Hujan

PROBOLINGGO -  Rabu, 31 Oktober 2018 sebagai upaya kesiapsiagaan BPBD melaksanakan Apel Kesiapsiagaan terkait Gladi Posko I, Gelar Pasukan dan Peralatan sebagai kesiagaan menghadapi awal musim penghujan. Kegiatan tersebut mengusung tema Antisipasi Bencana Banjir di Desa Kedungdalem dampak luapan Sungai Kedunggaleng di Kecamatan Dringu. Diikuti oleh seluruh OPD dan organisasi terkait yang terdiri atas, Kodim 0820 Probolinggo, Polres Probolinggo, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka Kwarcab Probolinggo, dan Banser Probolinggo.

Kegiatan dimulai dengan Gladi Posko I tepat pukul 06.00 WIB Kodim 0820 Probolinggo yang ditunjuk Kepala Daerah sebagai IC pada Satuan Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) ketika terjadi bencana dalam simulasi mengaktivasi OPD dan Pihak terkait sesuai susunan SKPDB untuk menuju ke lokasi apel yang disimulasikan sebagai tempat kejadian bencana. Pelaksanaan Gladi Posko I dilaksanakan dengan harapan dapat dijadikan sebagai alat untuk menentukan time respon ketika terjadi bencana.

Tepat pukul 08.45 WIB apel dimulai dan dibuka secara pribadi oleh Drs. H.A. Timbul Prihanjoko selaku Wakil Bupati Probolinggo. Setelah persiapan selesai tanpa amanat Inspektur Apel melaksanakan inspeksi pasukan dan peralatan yang telah di gelar pada kegiatan tersebut.

“Lintas OPD dan organisasi terkait harus melunturkan egosektoral dan berintegrasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana sehingga dampak kejadian bencana dapat diminimalisir seoptimal mungkin. Baik pasukan maupun peralatan wajib disiagakan karena kejadian bencana tidak dapat diprediksi” ujar pesan Wabup kepada peserta apel ketika melaksanakan inspeksi.

Sebanyak kurang lebih 200 peserta apel dari berbagai OPD dan organisasi mengikuti apel dengan siap dan sigap berseragam sesuai bidangnya masing masing serta menyiapkan peralatan yang dapat dimanfaatkan ketika terjadi bencana. Gelar peralatan kesehatan, SAR, toilet portable, chainshaw, dapur lapangan dan beberapa kendaraan yang dapat dimanfaatkan ketika terjadi bencana telah disiagakan menyambut awal musim penghujan yang diprakirakan akan terjadi pada akhir bulan november (Sumber : Pers Release BMKG, Prakiraan Musim Hujan 2018/2019).

Setelah kegiatan apel selesai dilanjutkan dengan arahan dari Kodim 0820 dan BPBD terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana khususnya terkait bencana banjir sungai kendunggaleng di Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo yang dihadiri oleh seluruh Kepala OPD dan Camat daerah risiko bencana. Kegiatan berlangsung dengan lancar.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat meningkatkan integritas antar OPD dan Organisasi Terkait baik pada tingkat desa, kecamatan maupun daerah sehingga dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo dapat terlaksana secara optimal” tambahan pesan oleh Ir. Anung Widiarto, MM selaku Kepala Pelaksana BPBD sebelum menutup kegiatan tersebut. (vd/pdo)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo