BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Potensi Bencana di Musim Hujan! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Apel Siaga Waspada Banjir, Longsor Dan Angin Kencang Dampak Bencana Di Musim Hujan

Apel Siaga Waspada Banjir, Longsor dan Angin Kencang  Dampak Bencana di Musim Hujan

PROBOLINGGO – Menanggapi press release yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa Bulan November 2017 sebagian wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan termasuk Kabupaten Probolinggo. Pada Senin, 04 Desember 2017 BPBD melaksanakan Rapat Koordinasi bersama SKPD terkait kesiapan peralatan, perlengkapan dan personil dalam rangka waspada bencana banjir, longsor dan angin kencang dampak bencana di musim hujan. Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan yakni terkait perlunya pelaksanaan Apel Siaga Waspada Bencana yang diikuti oleh seluruh SKPD dengan menggelar peralatan, perlengkapan dan personil yang dimiliki oleh masing masing SKPD. Selasa, 05 Desember 2017 dilaksanakan Gladi Bersih guna mempersiapkan pelaksanaan Apel Siaga Waspada Bencana di Musim Hujan yang dilaksanakan pada Rabu, 06 Desember 2017.

 “Betapa pentingnya meningkatkan upaya kesiapsiagaan sebagai bentuk waspada bencana terutama di musim hujan, tentang siapa berbuat apa dan bagaimana sepertinya perlu disimulasikan dan digelar sejauh mana kesiapan SKPD dalam mewaspadai bencana banjir, longsor, dan angin kencang terutama di Kabupaten Probolinggo. Itulah yang melatarbelakangi perlunya dilaksanakan kegiatan ini” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Ir. Anung Widiarto, MM.

Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 400 peserta apel yang berasal dari TNI, POLRI, Senkom, Satpol PP, Pramuka, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, BANSER, TRC – PB, BPBD, ORARI, RAPI, Komunitas Peduli Bencana, Kobar Bromo Tengger Semeru dan Bromo Lovers. Kendaraan dan peralatan seperti krain, truk dapur lapangan, kendaraan mobilisasi, truk tangki air, toilet protable, tenda pengungsi, tenda keluarga, peralatan SAR, Vertikal Rescue, Perahu Karet, Alat Komunikasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penyelenggaraan penanggulangan bencana digelar dalam kegiatan apel siaga ini.

Apel siaga dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai dengan inspektur upacara apel siaga Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi, S.Sos. MM. Selesai kegiatan apel siaga Dandim 0820 Probolinggo bersama Kepala Pelaksana BPBD didampingi oleh Asisten Pemerintahan Kabupaten Probolinggo berkeliling mengunjungi dan mencoba secara langsung semua peralatan yang digelar dalam kegiatan tersebut.

Upaya pencegahan dan kesiapsiagaan dapat dilaksanakan dalam bentuk apapun salah satunya adalah gelar apel siaga waspada bencana di musim hujan, diharapkan dengan kegiatan tersebut seluruh pihan terkait yang berperan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo dapat memahami peran masing masing ketika terjadi bencana juga terkait peralatan, perlengkapan bahkan personil yang dimiliki masing masing pihak.   

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo