BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Banjir Bandang Di Dusun Kedaton Desa Andung Biru Tiris 2 Korban, 11 Bangunan Dan 1 Fasilitas Umum T

Banjir Bandang di Dusun Kedaton Desa Andung Biru Tiris  2 Korban, 11 Bangunan dan 1 Fasilitas Umum T

PROBOLINGGO – Selasa, 11 Desember 2018 tercatat telah terjadi Banjir Bandang Dusun Kedaton (-7.991579, 113.453550) Desa Andung Biru Kecamatan Tiris pada hari Senin, 10 Desember 2018. Terpantau kondisi cuaca saat itu hujan lebat di Wilayah Tiris dan sekitarnya sejak pukul 16.00 -22.00 WIB. Informasi berasal dari akun media sosial masyarakat setempat atas nama Agus Subiyanto.

Intensitas hujan yang lebat menyebabkan debit air sungai meningkat dan terjadi longsor pada beberapa titik di tepi sungai Dusun Kedaton. Berdasarkan informasi kejadian tersebut berdampak pada 2 (dua) korban dengan identitas sebagai berikut:  

  1. Siti munawaroh 19th Jenis kelamin Perempuan (Meninggal) Alamat Dusun Lawang Kedaton RT 14/ RW 04 Desa Andung Biru
  2. Akbar maulana 10th Jenis kelamin laki - laki (Proses pencarian) Alamat Dusun Lawang Kedaton RT 14/ RW 04 Desa Andung Biru

Hingga pagi ini (Selasa, 11 Desember 2018) satu korban masih dalam proses pencarian dan diinformasikan saat ini Basarnas Pos Jember sedang menuju ke lokasi untuk melakukan pencarian. Sedangkan berdasarkan data sementara saat ini kerusakan dampak kejadian tersebut yakni,

  1. 6 rumah rusak berat
  2. 1 rumah rusak ringan
  3. 1 rumah ibadah/mushola rusak berat
  4. 3 Bangunan toko rusak berat
  5. Jembatan putus penghubung antara dusun kedaton dan dusun lawang

TRC PB BPBD saat ini sedang melaksanakan assessment dampak dan berkoordinasi bersama aparat serta masyarakat setempat terkait dampak kejadian tersebut. “saat ini bersama Kalaksa BPBD kami akan menuju ke lokasi kejadian untuk melaksanakan identifikasi kejadian dan verifikasi dampak kejadian” ujar Kabid Kedaruratan BPBD.

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo