BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Banjir Desa Sumberejo Kecamatan Tongas

Banjir Desa Sumberejo Kecamatan Tongas

PROBOLINGGO - Rabu, 24 Januari 2018 tercatat telah terjadi banjir di Desa Sumberejo, Kecamatan Tongas pada koordinat -7.777328,113.128443. Sumber Informasi berasal dari Relawan Setempat.  Berdasarkan hasil informasi telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sejak pukul 15.10 WIB.

Hujan terjadi diwilayah Probolinggo bagian selatan, Hilir sungai Desa Sumberejo tidak mampu menampung debit air dari hulu sungai sehingga meluap ke area persawahn milik warga.

“Seluas +/- 100 meter persegi sawah milik warga yang ditanami padi tergenang banjir dan diprakirakan akan mengalami kerugian secara material.” Ujar salah seorang warga

TRC PB bersama masyarakat dan pemerintah setempat melakukan kajian dan identifikasi terkait dampak banjir di Ds. Sumberejo Kecamatan Tongas serta selalu berkoordinasi dan memantau perkembangan lokasi kejadian. Banjir berangsur tidak terlalu lama dan mulai surut selang 4 jam kemudian.

 

Namun setelah air surut kondisi sawah milik warga terpantau mengalamin kerusakan yang cukup banyak. Kondisi ini akan dikoordinasikan dan ditindaklanjuti untuk diberikan rekomendasi kepada dinas teknis terkait kerusakan lahan pertanian pasca kejadian banjir.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo