BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang Awal Musim Kemarau! Hidup Sinergi, Menjaga Lingkungan. Gunakan Air Secukupnya! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! Salam Tangguh Bencana! #SuapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Banjir Desa Sumberkelidung, Tegalsiwalan

Banjir Desa Sumberkelidung, Tegalsiwalan

TEGALSIWALAN, PROBOLINGGO - Jumat, 16 Februari 2018 terjadi banjir pada koordinat -7.5016, 113.1520 Desa Sumberkelidung Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pukul 15.00 WIB untuk wilayah Sumberkelidung dan sekitarnya. Kondisi tersebut mengakibatkan tanggul sungai/ Dam Manteng jebol dan air meluap ke pemukiman warga serta lahan pertanian warga. Air menggenangi rumah warga di RW. 01 (RT. 01 - RT. 06). Tinggi banjir mencapai 30 sampai 50 cm, selain menggenangi rumah warga. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut hanya berdampak secara sosial dan ekonomi yakni kerugian material serta menghambat aktivitas masyarakat.

TRC PB sebagai upaya primer melaksanakan identifikasi dan assesment, selain itu melakukan penyedotan banjir di sekolah tersebut. “Hingga kini masih identifikasi terkait upaya jangka panjang dalam menindaklanjuti kejadian banjir di Desa Sumberkedawung, karena terpantau hampir selalu terjadi banjir setiap kali terjadi hujan dengan intensitas yang lebat. Sehingga kedepan memang harus dilaksanakan kajian bersama dinas teknis agar dapat ditentukan upaya terbaik dalam meminimalisir dampak banjir terutama ketika hujan lebat. “ Ujar Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo