BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

BMKG Juanda Sebarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Wilayah Perairan Jawa Timur

BMKG Juanda Sebarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Wilayah Perairan Jawa Timur

PROBOLINGGO – Rabu, 19 Juni 2019 BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak Surabaya edarkan himbauan melalui Surat No. ME.301/258/KPRM/V/2019. Dalam himbauan tersebut dijelaskan bahwa terdapat pola sirkulasi angin di Laut Natuna dan pusat tekanan rendah 1006 hPa di Samudra Pasifik utara Papua. Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 4 – 20 Knot, sedangkan di wilayah selatan equator umumnya dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 4 – 25 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Aceh, Selat Sunda bagian Selatan, Selat Makassar bagian utara, Laut Banda, Perairan Kep. Tanimbar, Perairan Kei – Aru, Laut Arafuru. Kondisi ini dapat mengakibatkan peningkatan gelombang tinggi di sekitar wilayah tersebut. Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung sejak 19 Juni 2019 Pukul 07.00 WIB hingga 22 Juni 2019 Pukul 07.00 WIB. Berikut informasi prakiraan potensi tinggi gelombang :

 

1. Tinggi Gelombang 1,25 – 2,5 m berpeluang terjadi di,

    Laut Jawa Bagian Timur

    Perairan Utara Jawa Timur

    Perairan Kep. Kangean

2. Tinggi Gelombang 2,5 – 4 m berpeluang terjadi di,

    Perairan Selatan Jawa Timur

   Samudera Hindia Selatan Jawa Timur

Mengingat kejadian laka air sering terjadi ketika gelombang tinggi, dihimbau agar masyarakat memperhatikan risiko keselamatan pelayaran : Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 Knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 m), Kapal Tongkak (Kecepatan angin lebih dari 16Knot dan tinggi gelombang diatas 1,5 m), Kapal Ferry (Kecepatn angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang lebih dari 2,5 m), Kapal Ukuran Besar seerti Kapal Kargo/ Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 Knot dan tinggi gelombang diatas 4 m). Sehingga dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktovotas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat seperti Laut Jawa agar selalu waspada. (Sumber : BMKG Juanda Surabaya) Salam Tangguh Bencana!

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo