BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

BPBD Dalam Fun Camp MTMA Probolinggo

BPBD Dalam Fun Camp MTMA Probolinggo

MTMA atau My Trip My Adventure Probolinggo merupakan salah satu komunitas pencinta alam dengan satu peranan yakni mengexplore, menjaga & memelihara alam. Berbagai kegiatan terkait konservasi alam juga dilakukan oleh komunitas tersebut. BPBD Kabupaten Probolinggo sebagai salah satu sektor komando penanggulangan bencana tentunya berantusias mendukung kegiatan yang berkaitan dengan konservasi. Selain itu juga mampu menjadi wadah yang merangkul berbagai komunitas relawan terkait penanggulangan bencana dan upaya mitigasi. Mengingat kejadian bencana yang saat ini sering terjadi tentu membutuhkan sebuah tindakan dan perilaku yang berkaitan dengan upaya mitigasi bencana dalam bentuk kesiapsiagaan dan pencegahan. Konservasi merupakan manajemen udara, air, tanah, mineral ke organisme hidup termasuk manusia sehingga dapat dicapai kualitas kehidupan manusia yang meningkat termasuk dalam kegiatan manajemen adalah survai, penelitian, administrasi, preservasi, pendidikan, pemanfaatan dan latihan (IUCN (2007)).

Dalam segi penanggulangan bencana konservasi termasuk dalam tindakan kesiapsiagaan dan pencegahan sebagai salah satu bentuk upaya mitigasi bencana. Dalam artian lain dengan adanya sikap yang konservatif tingkat sinergisitas unsur keterkaitan biofer (lingkungan fisik, sosial dan fisiksosial). Dalam kegiatan ini sikap konservatif yang dilakukan adalah konservasi fisik.  Pada akhir pekan dipertengahan bulan ini tepatnya 21-22 Mei 2016 MTMA Probolinggo melaksanakan kegiatan “Konservasi Lingkungan dan Bakti Sosial” di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo sebagai serangkaian kegiatan Fun Camp dalam Annyversary 1th MTMA Probolinggo. Dalam kegiatan tersebut BPBD Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu unsur yang dilibatkan selain dalam mempersiapkan sumber daya juga sebagai peserta. Sabtu, 21 Mei 2016 sejak pagi BPBD membantu pelaksanaan kegiatan dengan mendirikan 3 buah tenda pleton berkapasitas 300 orang bagi peserta. Konservasi Lingkungan yang dilakukan yakni dalam bentuk kerja bakti bersih sampah di lingkungan pesisir Pulau Gili Ketapang, Probolinggo.  80 orang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan konservasi dan bhakti sosial dilaksanakan pada hari kedua yakni Minggu, 22 Mei 2016. Kegiatan berlangsung dengan menarik dibawah teriknya matahari dan dinginnya angin malam Gili. (pb/vd)