BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

BPBD Kabupaten Probolinggo Peserta Diklat Dasar Manajemen Bencana

BPBD Kabupaten Probolinggo Peserta Diklat Dasar Manajemen Bencana

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdiklat BNPB) melaksanakan kegiatat Diklat Dasar Manajemen Bencana Provinsi Jawa Timur pada 09-13 Mei 2016 di Favehotel MEX Jl.Pregolan 1,3,5 Surabaya 60262. Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi peserta yang dari BPBD se-Jawa Timur terutama yang berada pada wilayah barat. 30 peserta perwakilan BPBD hadir dalam kegiatan tersebut yakni BPBD Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Bojonegoro, Kota Batu, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, Kota Malang, Kota Madiun, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Tuban dan BPBD Provinsi Jawa Timur.

Tujuan penyelenggaraan Diklat Manajemen Bencana adalah untuk mempersiapkan dan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap) dalam penanggulangan bencana. Kompetensi bagi peserta Diklat adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang peserta berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas. Standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh perseta Diklat Dasar Manajemen Bencana adalah kemampuan dalam memahami, menjelaskan dan melaksanakan,

  • Dinamika Kelompok
  • Konsep Bencana
  • Prinsip Penanggulangan Bencana
  • Sistem Penanggulangan Bencana
  • Manajemen Resiko Bencana
  • Manajemen Darurat Bencana
  • Manajemen Pemulihan Bencana
  • Manajemen Logistik dan Peralatan Bencana
  • Manajemen Data dan Informasi
  • Kerjasama Multipihak

Materi Dinamika Kelompok diberikan dengan tujuan peserta mampu berinteraksi dan bekerjasama dengan peserta lain sebagai salah satu bentuk simulasi tim. Materi Konsep dan Karakteristik Bencana diberikan dengan tujuan peserta mampu mendefinisikan bencana, mendeskripsikan jenis dan karakteristik bencana dan mendeskripsikan sebaran bencana. Prinsip Penanggulangan Bencana  diberikan dengan tujuan peserta mampu menjelaskan kegiatan/upaya di setiap tahapan bencana (pra, saat dan pasca), memahami paradigma penanggulangan bencana dan memahami prinsip-prinsip penanggulangan bencana. Materi Sistem Penanggulangan Bencana diberikan dengan tujuan peserta mampu menjelaskan tentang legislasi atau peraturan perundangan tentang penanggulangan bencana, memahami kelembagaan penanggulangan bencana yang ada, mendeskripsikan jenis-jenis perencanaan dalam penanggulangan bencana dan memahami pengurangan resiko bencana dan pembangunan.

Materi Manajemen Resiko Bencana diberikan dengan tujuan peserta mampu memahami identifikasi risiko bencana, memahami kajian dan penilaian risiko, memahami pengelolahan risiko dan memahami pengurangan risiko bencana dan pembangunan. Materi Manajemen Darurat Bencana diberikan dengan tujuan peserta mampu menjelaskan konsep manajemen darurat bencana (manajemen darurat, bencana, serta penggabungan manajemen darurat dan bencana), menguraikan kegiatan/upaya-upaya yang dilakukan pada keadaan darurat bencana, menguraikan setiap kegiatan dalam tahapan darurat bencana.

Materi Manajemen Pemulihan Bencana diberikan dengan tujuan peserta mampu menjelaskan kajian kebutuhan pasca bencana dan memahami proses pemulihan pasca bencana. Materi Manajemen Logistik dan Peralatan Bencana diberikan dengan tujuan peserta mampu menjelaskan analisis kebutuhan, memahami mekanisme pengelolahan logistik dan memahami pengelolahan peralatan kebencanaan. Materi Manajemen Data dan Informasi diberikan dengan tujuan peserta mampu menjelaskan konsep manajemen informasi dan komunikasi, menguraikan kegiatan manajemen informasi dan komunikasi dan melakukan analisis dan membuat pesan kunci komunikasi. Materi Kerjasama Multipihak diberikan dengan tujuan peserta mampu memahami konsep dan prinsip-prinsip kerjasama dalam bidang penanggulangan bencana, memahami ruang lingkup dan prosedur kerjasama di tingkat nasional, memahami ruang lingkup dan prosedur kerjasama di tingkat internasional, memahami jejaring dan kemitraan di tingkat internasional, regional, nasional dan lokal. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam Diklat tersebut adalah pembelajaran andragogi yaitu metode pembelajaran klasikal, metode pembelajaran kontemporer yang meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi dan simulasi. Dalam pelaksanaan Diklat tersebut berbagai ilmu terkait manajerial penanggulangan bencana dapat diperoleh bagi para peserta. (pb/vd)