BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

BPBD Laksanakan Kerjabakti Bersama Warga Sumberanom

BPBD Laksanakan Kerjabakti Bersama Warga Sumberanom

PROBOLINGGO – Kamis, 08 Agustus 2019 Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD melaksanakan kerjabakti bersama masyarakat dan relawan di Desa Sumberanom Kecamatan Sumber. Dalam pemetaan daerah risiko bencana Desa Sumberanom merupakan Desa yang memiliki risiko tinggi bencana tanah longsor selain juga termasuk dalam risiko bencana gempa bumi, cuaca ekstrem dan erupsi Gunung Bromo.

Dalam beberapa tahun terakhir tercatat beberapa kali kejadian tanah longsor di Desa Sumberanom, “hampir disetiap musim penghujan selalu terjadi tanah longsor, titiknya selalu berubah dan berpindah. Namun masyarakat setempat sudah mulai memahami bahwa morfologi Desa Sumberanom memang terjal dan rawan longsor. Untuk itu dalam waktu tertentu Kami melaksanakan reboisasi dan pembuatan drainase guna meminimalisir dampak tanah longsor” ujar Jundri Relawan Kobar Bromo dari Sumberanom.

Dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya tanah longsor di Desa Sumberanom beragam, rata rata adalah terputusnya jalan akses desa sehingga menghambat aktivitas warga setempat. Namun beruntungnya tidak pernah ada korban dalam kejadian tanah longsor, tetapi beberapa infrastruktur seperti saluran air dan drainase serta permukiman sering mengalami kerusakan hingga berat akibat tanah longsor.

Pada awal tahun terjadi tanah longsor di Desa Sumberanom yang memutus akses jalan desa, dampak tanah longsor sudah dibersihkan kala itu. Kegiatan kerjabakti ini dilaksanakan dengan harapan sebagai upaya normalisasi titik yang terdampak tanah longsor sehingga kedepan diharapkan ketika terjadi musim hujan dengan intensitas tinggi pada lokasi tersebut tidak terjadi longsor susulan.  

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo