BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

BPBD PROVINSI JAWA TIMUR AKTIV PANTAU PERKEMBANGAN KONDISI GUNUNG BROMO

BPBD PROVINSI JAWA TIMUR  AKTIV PANTAU PERKEMBANGAN KONDISI GUNUNG BROMO

SUKAPURA – Sesuai dengan hasil pengamatan Pos PGA Bromo bahwa dalam beberapa waktu terakhir Gunung Bromo mengalami peningkatan aktivitas vulkanik sejak Minggu, 17 Maret 2019. Dalam sepekan terakhir sempat terpantau beberapa kali Gunung Bromo mengalami Gempa Letusan dan mengeluarkan abu vulkanik yang cenderung kelabu kehitaman. Selain itu terpantau suara gemuruh dan bau belerang di sekitar Pos PGA, dalam beberapa hari terakhir beberapa desa di sekitar Gunung Bromo juga terdampak hujan abu seperti di Desa Ngadirejo, Ngadas, Ngadisari, Jetak, dan Wonokerto Kecamatan Sukapura. Kemudian Desa Wonokerso, Ledokombo, Sumberanom dan Pandansari Kecamatan Sumber. Terjadinya hujan abu dipengaruhi oleh tekanan Gunung Bromo dan arah angin sehingga terpantau fluktuatif.

Hari ini Rabu, 27 Maret 2019 Dua Personil dari Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Timur melaksanakan monitoring ke beberapa titik terkait pemantauan aktivitas Gunung Bromo. Sebelum menuju ke Bromo, BPBD Provinsi Jawa Timur singgah di Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo dan berkoordinasi terkait aktivitas, dampak dan upaya yang sejauh ini dilaksanakan oleh BPBD selama terpantau peningkatan aktivitas Bromo. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pos Pengamat Gunung Api untuk melihat visual dan rekaman tremor Gunung Bromo secara langsung.

Budi, salah seorang Personil Pengamat Gunung Bromo menjelaskan singkat tentang peningkatan aktivitas Bromo dalam sepekan terakhir. Selain itu dijelaskan pula bahwa sejak terjadi peningkatan aktivitas hingga saat ini PGA Bromo selalu berkoordinasi rutin dengan pihak terkait baik BPBD maupun TNBTS serta pemerintah setempat. Usai dari Pos PGA perjalanan dilanjutkan menuju Laut Pasir Bromo dan singgah di Pos Pengamanan TNBTS pada Radius 1 Km dari Kawah Gunung Bromo. Kunjungan tidak berlangsung lama mengingat cuaca sore ini hujan ringan disertai abu. BPBD Provinsi Jawa Timur juga berharap agar BPBD Kabupaten tetap mempertahankan koordinasi intensif dengan pihak terkait baik di jajaran pemerintah daerah maupun provinsi.  

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo